Cara mendapatkan BLT bantuan UMKM 2 4 juta atau juga 600 ribu dari pemerintah secara online di 2022

Cara Mendapatkan BLT dari Pemerintah

Apa itu BLT? BLT merupakan singkatan dari Bantuan Langsung Tunai. Ini adalah program pemerintah untuk membantu masyarakat miskin di Indonesia. Bantuan yang diberikan bisa berupa kompensasi uang tunai, jaminan kesehatan, bantuan biaya pendidikan, hingga bantuan pangan. Target masyarakat yang mendapatkan bantuan ini adalah yang berada di 3 tingkatan, yaitu masyarakat hampir miskin, miskin, dan sangat miskin. Bentuk BLT bisa merupakan bantuan yang menggunakan syarat (conditional cash transfer), maupun bantuan tak bersyarat (unconditional cash transfer). 

Di Indonesia, program ini pertama kali dijalankan pada tahun 2005, lalu berlanjut di tahun 2009, 2013, dan seterusnya. Tujuan program BLT dari pemerintah adalah untuk membantu masyarakat di tingkat bawah agar bisa memenuhi kebutuhan hariannya. Meski sudah sukses di beberapa bagian, namun tetap butuh perbaikan di sana-sini. Pemerintah berusaha terus memperbaiki pelaksanaannya dari tahun ke tahun. Cara mendapatkan BLT tergantung dari program yang diikuti. Pemerintah bekerja sama dengan lembaga pemerintahan lainnya untuk membantu penyaluran bantuannya. Beberapa di antaranya adalah kerja sama dengan BRI dan BPJS Ketenagakerjaan.

Cara Mendapatkan BLT Lewat BRI

Pemerintah menyelenggarakan program BLT UMKM sejak tahun 2020 dengan tujuan membangkitkan kondisi ekonomi para pegiat usaha mikro, kecil, dan menengah yang terdampak wabah pandemi virus Corona. Program BLT UMKM dijalankan oleh Kementerian Koperasi dan UKM yang bekerja di seluruh Indonesia dengan bantuan dinas bersangkutan di tingkat kabupaten dan kota. Untuk pencairan dananya, pemerintah menggandeng Bank Rakyat Indonesia (BRI). 

Sehingga para pegiat UMKM bisa mencari tahu cara mendapatkan bansos dari BRI. Cara dapat BLT UMKM adalah pemohon harus memiliki KTP yang masih berlaku, memiliki usaha mikro, dan bukan merupakan bagian dari Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI/POLRI, dan tidak bekerja di BUMN maupun BUMD. UMKM harus terdaftar di tingkat kabupaten atau kota. 

Jika dianggap telah memenuhi syarat, maka pegiat UMKM akan masuk ke dalam daftar penerima BLT UMKM. Cara mendapatkan BLT lewat rekening BRI adalah dengan menghubungi kantor cabang BRI terdekat. Jika Anda sudah terdaftar dan telah memiliki rekening BRI, maka Anda bisa menanyakan jadwal pencairan dananya. Karena di tahun 2022 pencairan dilakukan secara bertahap, maka penerima bantuan akan mendapat jadwal tertentu. Cara dapat BLT lewat rekening BRI adalah datang di hari yang telah ditentukan dengan membawa identitas diri lengkap. Cara mendapatkan bantuan UMKM 2.4 juta hanya bisa dilakukan di tahun 2020, karena tahun 2022 dananya menurun menjadi Rp 1.2 juta per individu.

Cara Mendapatkan BLT BPJS Ketenagakerjaan

Cara dapat bantuan BLT dalam bentuk upah adalah melalui BPJS Ketenagakerjaan. Program yang satu ini dijalankan oleh Kementerian Ketenagakerjaan dan sudah dijalankan sejak tahun 2020. Cara mendapatkan BLT jenis ini berbeda dengan cara dapat BLT UMKM. Masyarakat yang ada di bawah garis kemiskinan bisa menerimanya, tidak harus memiliki usaha. Tentu saja, datanya sudah harus terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan. Dana bantuan yang telah dianggarkan sejak tahun 2020 adalah sebesar Rp 29,77 triliun yang akan diberikan kepada 12.4 juta orang dalam bentuk subsidi upah. 

Pencairan dananya dibagi menjadi beberapa tahap. Pada termin pertama, dana telah tersalurkan sebesar Rp 14.72 triliun untuk 12.26 juta penerima. Sementara di tahap kedua, dana yang disalurkan adalah sebesar Rp14.69 triliun untuk 12.25 juta penerima. Bagaimana cara mendapatkan bantuan BPJS Ketenagakerjaan? Pertama-tama, data diri kita harus sudah terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan. Untuk mengetahui status Anda aktif atau tidak, bisa langsung menuju laman sso.bpjsketenagakerjaan.go.id lalu klik Daftar Pengguna bagi yang belum memiliki akun. Kemudian pilih menu Penerima Upah (PU), masukkan alamat email. Jika sudah terdaftar sebagai calon penerima bantuan, maka Anda bisa menanyakan info pencairan dana ke pihak BPJS Ketenagakerjaan. 

Cara Mendapatkan BLT Mudah

Program BLT dari pemerintah bisa sangat membantu perekonomian masyarakat di kelas bawah. Meski masih butuh sosialisasi yang berkesinambungan mengenai cara mendapatkan BLT, namun beberapa opsi yang tersedia sudah termasuk mudah diakses bagi siapa saja. Diharapkan ke depannya sistemnya semakin berkembang dan lebih teratur agar bantuan bisa tersalurkan dengan baik.