Cara mengecek penerima bantuan UMKM lengkap dengan cara mengecek daftar penerima bantuan BLT UMKM 2022

Cara Mengecek Penerima Bantuan UMKM Mudah, Temukan di Sini

Bagi para pegiat usaha mikro, kecil dan menengah, masalah yang sering dihadapi adalah modal usaha. Baik untuk memulai ataupun untuk mengembangkan, setiap usaha pasti sedikit banyak butuh modal. Sejak tahun 2020, kondisi perekonomian dunia mengalami kesulitan karena adanya wabah pandemi virus Corona. Tentu saja pegiat UMKM menjadi salah satu yang paling terdampak. Pemerintah menyadari masalah ini dan mengadakan program untuk mengatasinya, yaitu Bantuan Langsung UMKM (BLT UMKM) yang mulai diluncurkan sejak tahun 2020. 

Program ini dijalankan oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah. Semua pegiat UMKM berhak untuk mendapatkan bantuan, namun tentu tidak semua bisa mendapatkannya. Pegiat UMKM harus telah terdaftar dan mengecek apakah termasuk ke dalam daftar penerima bantuan UMKM. Bagaimana cara mengecek penerima bantuan UMKM? Simak infonya di bawah ini. 

Cara Mengecek Penerima Bantuan UMKM di Dinas yang Berkepentingan

Program BLT UMKM ditugaskan oleh Presiden Joko Widodo untuk dilaksanakan oleh Kementerian Koperasi dan UKM. Dalam pelaksanaannya, pihak kementerian harus mendata seluruh UMKM yang ada di Indonesia agar dana bantuan bisa tersalurkan dengan baik dan tepat sasaran. Di tahun 2022, pegiat UMKM yang telah mendapat bantuan di tahun sebelumnya tetap bisa mendapatkan bantuan. Tapi memang yang lebih diutamakan adalah pegiat UMKM yang belum pernah mendapatkan bantuan sama sekali. 

Khusus bagi yang sudah mendapatkan bantuan di tahun lalu, akan dilakukan evaluasi ulang, apakah masih memenuhi syarat dan layak untuk kembali mendapat bantuan atau tidak. Jika sudah tidak memenuhi syarat, maka dananya akan dialihkan kepada pegiat UMKM lainnya yang belum pernah mendapatkan. Karena itu, setiap pegiat UMKM harus sudah terdaftar di Dinas Kementerian Koperasi dan UKM tingkat kabupaten atau kota agar diikutsertakan dalam daftar penerima bantuan. Kemudian pegiat UMKM bisa mengecek bantuan UMKM sendiri.

Apakah usaha mereka masuk ke daftar penerima? Cara mengecek penerima UMKM cukup mudah. Pegiat UMKM bisa langsung datang ke kantor dinas setempat dan menanyakan ke petugas mengenai cara mengecek dana bantuan UMKM dan cara mengecek daftar penerima bantuan UMKM. Petugas yang sedang berdinas akan langsung membantu. 

Cara Mengecek Penerima Bantuan UMKM Cukup Lewat HP

Tidak punya waktu untuk datang langsung ke kantor dinas karena kesibukan atau terlalu jauh? Di tahun 2022 semua sudah dipermudah dengan kemajuan teknologi. Cara mengecek bantuan BLT UMKM juga bisa dilakukan hanya dengan bermodalkan HP saja. Caranya adalah dengan mengakses laman resmi Bank Rakyat Indonesia (BRI). Pemerintah telah bekerja sama dengan BRI agar penyaluran BLT UMKM lebih teratur dan lancar. 

Cara mengecek BLT BRI adalah masuk ke eform.bri.co.id/bpum terlebih dahulu. Lalu Anda akan diminta mengisi nomor KTP dan memasukkan kode verifikasi, klik proses inquiry, dan tunggu hingga muncul pemberitahuan apakah termasuk ke dalam daftar penerima BLT UMKM atau tidak. Cara mengecek dapat bantuan UMKM lewat HP ini sangat mudah dan bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun selama ada koneksi internet. 

Jika usaha Anda termasuk ke dalam daftar, maka bisa langsung menghubungi kantor cabang BRI terdekat. Tanyakan kepada pihak BRI mengenai cara mengecek pencairan UMKM. Di tahun ini pencairannya dilakukan secara bertahap, jadi calon penerima bantuan akan diberikan jadwal pencairan dana sesuai yang telah dijadwalkan.

Cari Tahu Nominalnya Setelah Tahu Cara Mengecek Penerima Bantuan UMKM

Di tahun 2020, dana yang dianggarkan untuk bantuan ini totalnya adalah Rp 28.9 triliun untuk 6.6 juta pegiat UMKM, jadi setiap individu mendapat dana sebesar Rp 2,4 juta. Untuk tahun 2022, anggarannya memang menurun menjadi Rp 15.36 triliun yang ditargetkan akan diberikan kepada 12.8 juta pegiat UMKM. Jadi setiap individu akan mendapatkan bantuan sejumlah RP 1.2 juta. 

Meskipun jumlahnya menurun, tapi bantuan UMKM ini tetap bisa membantu di tengah kondisi perekonomian yang tidak menentu saat ini. Cara mengecek penerima bantuan UMKM yang mudah ini menunjukkan usaha pemerintah untuk membantu para pengusaha kecil agar terus berkarya dan tidak menyerah.