Cara mengetahui bank dari nomor rekening ataupun mengetahui Bank dari no rekening BCA BRI lengkap dengan alamat 2022

Cari Tahu Cara Mengetahui Bank dari Nomor Rekening

Untuk apa mengetahui cara mengetahui bank dari nomor rekening? Saat ini untuk berbagai transaksi sering kali kita menggunakan cara digital. Bisa lewat mesin ATM, internet banking, mobile banking, atau lewat pihak ketiga seperti dompet digital. Saat kita harus mentransfer dana ke rekening tertentu akan lebih mudah kalau kita tahu nama bank yang dituju. 

Karena biasanya nama bank ditanyakan terlebih dahulu. Jadi kalau kita tidak tahu nama bank tujuan, kita tidak bisa melanjutkan proses transfer. Di sinilah letak pentingnya mengetahui cara mengetahui bank dari no rek. Untuk transfer ke nomor rekening bank yang sama, hal ini tidak diperlukan. Lalu bagaimana cara mengetahui nama bank dari nomor rekening?

Cara Mengetahui Bank dari Nomor Rekening Lewat Jumlah Digit

Misalnya kita akan mentransfer dana ke rekening teman yang hanya memberi kita nomor rekening saja, tanpa nama bank. Di tahun 2022 coba cara paling mudah dengan menghitung jumlah digit nomor rekening. Cara cek no rekening BCA adalah kalau jumlahnya 10 digit. Sementara cara cek no rekening BNI adalah jumlah digitnya sebanyak 10 digit. 

Cara mengetahui nomor rekening BRI adalah kalau jumlah digitnya sebanyak 15 digit. Untuk Bank Mandiri, jumlah digitnya sebanyak 13 digit. Sementara BTN sebanyak 16 digit. Seperti yang bisa dilihat, BCA dan BNI memiliki jumlah digit yang sama. Begitu juga dengan Bank Danamon, Bukopin, Maybank, dan lain-lain yang sama-sama memiliki 10 digit. Jadi cara ini kurang akurat, kecuali jumlah digitnya unik seperti Bank Mandiri dan BTN. 

Cara Mengetahui Bank dari Nomor Rekening dari ATM

Cara mengecek nomor rekening dan nama banknya yang paling akurat adalah lewat nomor kode bank. Bagaimana cara mengecek kode bank? Salah satu yang bisa dicoba adalah lewat mesin ATM. Kode bank terdiri 3 digit angka yang akan sangat berguna untuk proses transaksi antar bank. Cara mengetahui kode bank lewat mesin ATM adalah masukkan kartu ATM ke slotnya, masukkan nomor PIN Anda, lalu pilih menu Transfer Antar Bank. Setiap mesin ATM memiliki menu yang berbeda-beda. Namun pada umumnya Anda akan diminta memasukkan kode bank rekening yang dituju. 

Jika belum tahu kodenya, maka muncul pilihan “Cek Kode Bank” atau “Lihat Daftar Kode Bank”. Klik tombol tersebut. Lalu di layar mesin ATM akan muncul deretan kode bank. Dari situ kita bisa tahu nama banknya. Cara cek no rek BCA adalah kodenya 004. sementara untuk BNI 009, BRI 002, bank Mandiri 008, BTN 200, dan seterusnya. Sementara cara mengecek no rekening sendiri lewat ATM juga mudah. Yaitu dengan cara melakukan transaksi, misalnya tarik tunai. Pilih transaksi dengan struk. Nantinya di struk akan muncul nomor rekening kita. 

Cara Mengetahui Bank dari Nomor Rekening dari Mobile Banking

Cara cek no rekening juga bisa dilakukan lewat aplikasi mobile banking. Setiap aplikasi mobile banking punya pilihan menu yang berbeda. Misalnya di aplikasi BCA Mobile, cara melihat no rekening BCA adalah dengan mencoba melakukan transaksi. Misalnya cek saldo, mutasi rekening, atau transfer. Nomor rekening pemilik akan muncul di layar. Tentu saja cara mengetahui no rekening BCA ini hanya bisa dilakukan oleh pemiliknya. Karena saat membuka aplikasi harus menggunakan 2 PIN. 

Cara Mengetahui Bank dari Nomor Rekening dari Call Center

Cara lain untuk mengetahui nama bank dari nomor rekening adalah dengan menghubungi call center bank. Pastikan Anda menghubungi call center dengan nomor yang benar. Biasanya Anda akan ditanya mengapa butuh informasi tersebut oleh pihak call center. 

Tapi tenang saja, meski ada berbagai cara untuk mengecek nama bank dari nomor rekening, ini tidak berarti sekaligus menjadi cara mengetahui alamat pemilik rekening dengan akurat. Informasi pribadi seperti ini akan dilindungi oleh pihak bank. Cara mengetahui bank dari nomor rekening umumnya hanya digunakan untuk kepentingan transfer antar bank saja, tidak digunakan untuk keperluan yang lain.