Cara cek mutasi BNI atau mutasi rekening BNI lengkap dengan cara melihat transaksi di mobile banking BNI 2021

Tak Perlu Bingung, Ada Berbagai Cara untuk Cek Mutasi BNI

BNI adalah salah satu bank nasional terbesar di Indonesia yang menyasar ke kelas nasabah menengah ke atas. Selain memberikan berbagai produk perbankan, BNI juga menyediakan beragam menu yang bermanfaat untuk memeriksa kondisi rekening tabungan, misalnya saja cek mutasi BNI. Memeriksa mutasi BNI bertujuan untuk melihat rekaman transaksi finansial terakhir yang dilakukan oleh rekening Anda. 

Cara cek mutasi BNI sebenarnya beragam, tergantung dari channel mana yang Anda suka baik secara manual ataupun virtual. Kabar baiknya, mengecek mutasi rekening BNI tidak akan makan waktu lama kecuali jika Anda ingin sekaligus cetak rekening koran BNI di bagian customer service kantor cabang bank terdekat. Nah, berikut ini adalah empat cara pintar untuk melihat mutasi rekening BNI:

Cek Mutasi BNI Lewat Bank

Cara paling konvensional untuk mengecek riwayat transaksi di rekening BNI adalah dengan datang langsung ke kantor cabang bank terdekat. Untuk melakukan pemeriksaan rekening koran, Anda perlu membawa buku tabungan dengan nomor rekening yang ingin diperiksa. Nantinya, nasabah hanya perlu datang ke bagian customer service dan menyampaikan jika ingin memeriksa rekening koran. Biasanya, cek mutasi rekening ini akan dibarengi dengan cetak buku tabungan. 

Cetak buku tabungan sendiri sebenarnya sangat disarankan supaya Anda bisa memantau dana masuk dan keluar di rekening secara berkala. Idealnya, pemeriksaan rekening dan cetak buku tabungan dilakukan maksimal 3 bulan sekali. Lebih dari 3 bulan, pihak BNI akan melakukan rangkuman data sehingga Anda tidak akan mendapatkan hasil cetakan lengkap. 

Cek Mutasi BNI Lewat M Banking

Penggunaan M Banking saat ini semakin digemari karena Anda tidak harus repot ke ATM atau ke kantor cabang untuk melakukan berbagai transaksi, termasuk cek mutasi rekening. Cara melihat transaksi di mobile banking BNI sangatlah sederhana. Kuncinya, Anda harus memiliki aplikasinya dulu dengan cara mengunduhnya lewat PlayStore atau Apple Store. Setelah mengunduh aplikasi, melakukan registrasi dan aktivasi, Anda bisa masuk ke akun yang bisa dibuat. 

Cara melihat mutasi rekening BNI selanjutnya adalah dengan memilih menu Informasi kemudian Mutasi. Jangan lupa memilih nomor rekening yang ingin diperiksa terutama jika Anda memiliki beberapa nomor. Atur tanggal transaksi yang hendak dilihat, dan klik Lanjut. Dalam beberapa detik data yang diminta akan ditampilkan di layar ponsel. Perbedaan cara cek mutasi BNI mobile dan di kantor cabang adalah Anda tidak bisa memeroleh versi cetaknya. Jika memang ingin menyimpan bukti mutasi, melakukan screenshot dapat menjadi opsi.

Cek Mutasi BNI Lewat Internet Banking

Beberapa orang tidak terlalu suka mengecek rekening lewat ponsel karena harus mengunduh aplikasinya terlebih dahulu. Kalau begini, cek mutasi lewat internet banking di desktop menjadi pilihan tepat. Pada dasarnya, cara cek rekening koran lewat internet banking tidak jauh beda dengan mobile banking. Anda hanya perlu masuk ke laman resmi BNI kemudian memasukkan username dan password. Setelahnya, pilih menu Rekening dan klik Mutasi Tabungan & Giro. 

Selanjutnya, pilih rekening mana yang ingin diperiksa riwayat transaksinya berdasarkan tanggal yang sudah ditentukan oleh pengguna. Salah satu kelebihan melakukan cek rekening di internet banking adalah Anda bisa mencetaknya secara mandiri seperti cetak buku tabungan.

Cek Mutasi BNI Lewat ATM

Tidak punya M banking atau internet banking? Tidak masalah. Anda masih bisa melakukan cara cek mutasi di ATM BNI. Cara melihat transaksi terakhir di ATM BNI sama mudahnya dengan metode lain. Setelah memasukkan kartu ATM dan 6 digit PIN, pilih Bahasa yang akan digunakan dan masuklah ke menu Informasi dan Mutasi. Pilih Cek Mutasi Rekening di Layar dan pilih Rekening Tabungan. Dalam beberapa detik lima transaksi terakhir yang dilakukan akan muncul di layar mesin ATM. Persamaan antara cek rekening di ATM dan cek mutasi BNI Mobile adalah Anda sama-sama tidak bisa mencetaknya. 

Cara cek mutasi rekening BNI tidak akan membuat Anda kebingungan selama tahu langkah-langkah yang harus dilakukan. Cek mutasi rekening BNI juga sebaiknya dilakukan secara berkala agar segala transaksi selalu dalam pantauan di tahun 2021 ini.