Dinasi koperasi dan UMKM untuk usaha kecil menengah dan kementrian koperasi UKM 2021

Serba-Serbi Dinas Koperasi dan UMKM Serta Bantuan BPUM 2021

Satu minggu terakhir masyarakat khususnya yang memiliki usaha kecil sedang dihebohkan dengan pencairan dana BLT BPUM atau Bantuan Produktif Usaha Mikro yang kembali dicairkan di tahun 2021 ini. Bantuan yang diberikan negara melalui Dinas Koperasi dan UMKM tersebut disalurkan kepada ribuan usaha kecil dan mikro yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Kendati jumlah bantuannya menurun hingga setengah, ternyata hal ini tidak menyurutkan animo masyarakat untuk mengantre di bank demi mendapatkan bantuan modal dari Dinas Koperasi sesegera mungkin. Kementerian Koperasi dan UMKM direncanakan akan menggelontorkan dana sebesar 15 Triliun Rupiah lebih untuk memberikan bantuan usaha yang sudah memasuki periode kedua. Dinas UMKM bekerja sama dengan Bank BRI untuk menyalurkan bantuan tersebut ke para pengusaha kecil. Berikut ini adalah serba-serbi menarik seputar Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah beserta program bantuannya:

Dinas Koperasi dan UMKM Membuka Pengajuan Bantuan yang Baru Hingga Agustus 2021

Dinas Koperasi dan UKM sejauh ini sudah berhasil memberikan total lebih dari 15 Triliun Rupiah untuk membantu para pengusaha UMKM mengembangkan usahanya di tengah pandemi. Jika kebetulan nama Anda belum tercantum dalam daftar penerima bantuan di periode satu dan dua, jangan berkecil hati sebab Dinas Koperasi dan UMKM kembali membuka peluang untuk mendapatkan BPUM ini dengan adanya pengajuan baru hingga tanggal 31 Agustus 2021. 

Untuk bisa mengajukan usaha Anda agar mendapatkan bantuan modal, ada beberapa data yang harus disiapkan meliputi identitas diri, nomor kontak dan juga jenis usaha yang dilakukan. Data ini nantinya harus diserahkan ke koperasi dan UKM atau pengusul yang ditunjuk. Di beberapa daerah, data tersebut sudah bisa diunggah secara online sehingga Anda tidak perlu repot datang ke kantor pengusul.

Dinas Koperasi dan UMKM Berikan Bantuan 1.2 Juta per Usaha

Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah tidak mau tinggal diam melihat banyaknya usaha kecil dan mikro yang terseok akibat kondisi ekonomi yang merosot akibat COVID-19. Itulah sebabnya sejak tahun 2020 yang lalu, Kementerian Koperasi UKM memberikan bantuan modal usaha pada ribuan UMKM di seluruh Indonesia dengan nominal yang lumayan yaitu 2.4 juta Rupiah per usaha. Namun di tahun 2021 bantuan tersebut mengalami penyusutan dari segi jumlah yang turun menjadi 1.2 juta Rupiah. 

Tidak ada informasi lebih lanjut mengenai perubahan nominal ini. Terlepas dari alasan di baliknya, nyatanya masyarakat tetap bersemangat dan gembira menyambut pencairan dana bantuan tersebut. Dinas Koperasi dan UKM adalah badan yang saat ini menjadi penyelamat bagi usaha kecil sehingga berapapun yang diberikan akan sangat bermanfaat untuk mengembangkan usaha. 

Dinas Koperasi dan UMKM Cairkan Bantuan Melalui BRI

Dinas Koperasi tidak bekerja sendiri dalam menyalurkan dana bantuan BPUM 2021. Seperti periode sebelumnya, Dinas Koperasi menggandeng bank BUMN terbesar dengan nasabah terbanyak, yakni BRI. Sejauh ini Anda bisa melihat apakah nama Anda termasuk dalam daftar penerima bantuan di laman resmi BRI dengan memasukkan nomor NIK dan juga kode verifikasi. 

Jika kemudian nama Anda tercantum sebagai penerima bantuan, maka siapkan E-KTP Anda dan segeralah datang ke kantor cabang BRI terdekat untuk melakukan konfirmasi dan juga mengambil bantuan tersebut. Sejauh ini terlihat begitu banyak kerumunan masyarakat yang mengantre untuk mengambil dana BPUM sehingga akan lebih baik jika Anda mengambil waktu sepagi mungkin supaya tidak harus menunggu lama untuk dilayani.

Dinas Koperasi dan UMKM ingin melihat kemajuan usaha kecil dan mikro yang digerakkan oleh masyarakat Indonesia, mengingat usaha inilah yang menjadi tonggak perekonomian rakyat. Bantuan yang diberikan selama dua periode ini diharapkan dapat meringankan beban sekaligus membakar semangat para pengusaha untuk tetap berjuang dan berkarya di tengah masa sulit yang tidak tahu kapan berakhirnya. 

Jika memiliki pertanyaan terkait pengajuan dana bantuan BPUM, Anda bisa menghubungi dinas koperasi setempat atau juga bank penyalur bantuan. Ingat, Anda bisa mengajukan dana bantuan bisnis yang baru hingga akhir Agustus 2021, jadi jangan lewatkan kesempatan emas ini.