Cara mengurus dan mengatas ATM tertelan lengkap dengan penyebab dan cara mengeluarkan ATM tertelan khusus BRI Mandiri 2021

Kartu ATM Tertelan? Kenali Penyebab dan Solusinya Berikut 

Kartu ATM tertelan, mungkin Anda pernah menghadapi kondisi tersebut. Yang semula ingin menyelesaikan transaksi secara mudah melalui ATM justru harus menghadapi hal yang tidak diinginkan. Berupa tertelannya kartu ATM. 

Sebagai solusi atas kejadian tersebut, yuk kenali lebih lanjut mengenai apa penyebabnya. Sekaligus juga mengenai bagaimana sikap yang harus diambil saat menghadapi tertelannya ATM. Penjelasan lebih lanjut, lengkap dengan cara mengurusnya terdapat di bagian berikutnya. 

Penyebab Kartu ATM Tertelan

Kartu ATM tertelan tidak jarang cukup membuat orang panik. Selain tidak bisa menjalankan transaksi yang diinginkan, kartu ATM yang terlanjur tertelan mesin tidak bisa dibawa pulang pemiliknya. Hal ini menjadi riskan apabila ada oknum yang menyalahgunakannya. 

Mengenai ATM tertelan, apa saja penyebab ATM tertelan? Ada beberapa aspek yang menjadi pemicu terjadinya kondisi tersebut. Pertama, karena Anda salah menginputkan PIN ATM. Sebagaimana diketahui, guna menjalankan transaksi melalui ATM, nasabah diharuskan untuk memasukkan PIN yang tepat. 

Ketika lupa terhadap PIN, lalu diinput kombinasi angka yang salah selama lebih dari 3x berturut-turut, bisa membuat ATM ketelen. Aksi sedemikian merupakan proteksi keamanan ekstra dari pihak bank. Tujuannya, untuk meminimalisir manakala kartu dipakai oleh oknum yang tidak bertanggung jawab dan baca juga cara mengecek saldo BRIzzi

Penyebab kartu ATM tertelan berikutnya, yakni karena nasabah lupa mengambil kembali kartu setelah transaksi. Berakhirnya transaksi, kartu ATM pun harus diambil dari mesin. Namun, sering dijumpai pengguna ATM yang lupa mencabut kembali kartu usai transaksi selesai. Pada beberapa mesin ATM, menghadapi kondisi seperti ini kartu akan ditelan otomatis oleh sistem. Dengan tujuan agar tidak terjadi penyalahgunaan ATM card. 

Terakhir, bisa pula karena mesin rusak. Memang biasanya ada tulisan yang menyatakan sebuah mesin ATM sedang rusak. Namun, tidak jarang dijumpai orang mengalami kartu ATM tertelan karena tidak memperhatikan informasi tersebut. 

Cara Mengurus Kartu ATM Tertelan 2021

Cara mengurus ATM tertelan penting untuk diketahui. Apalagi jika Anda menghadapi kondisi tertelannya ATM. Baik itu ATM Mandiri tertelan, ATM BNI, maupun berbagai jenis ATM lainnya. Prosedur lengkap cara mengurusnya, sebagai berikut:

  • Hubungi Customer Service Bank 

Cara mengatasi ATM tertelan, segera hubungi pihak customer service dari bank yang Anda pakai. Informasikan kepada mereka bahwa kartu ATM milik Anda tertelan oleh mesin. Dengan begitu, nantinya pihak CS akan membantu nasabah melakukan pemblokiran kartu. Setelah kartu terblokir, maka saldo Anda bisa lebih aman tidak disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. 

  • Datang ke Kantor Cabang

Cara mengeluarkan kartu ATM yang tertelan? Jawabannya tidak ada caranya, karena kartu yang sudah terlanjur tertelan akan masuk dalam mesin ATM. Usai menghubungi CS sebagaimana yang disebutkan sebelumnya, Anda bisa mendatangi kantor cabang guna melakukan pengurusan lebih lanjut. 

  • Pindahkan Dana ke Rekening Lain

Cara mengurus ATM yang tertelan, pindahkan dana atau saldo isi ATM Anda yang tertelan ke rekening lain. Bisa itu rekening milik kerabat terdekat maupun orang tua. 

  • Urus ATM Baru

Cara mengeluarkan ATM tertelan memang tidak ada, tetapi cara mengurusnya ada. Menghadapi ATM yang tertelan, sebaiknya segera untuk melakukan pengurusan kartu ATM baru setelah dana dipindahkan ke rekening lain. 

Waspadai Penipuan Berkedok Penawaran Bantuan Saat Kartu ATM Tertelan

Jika ATM tertelan, sebaiknya Anda tidak panik. Melainkan, tetap tenang. Dengan mengetahui apa saja penyebabnya, menjadi tahu mengapa bisa ATM tertelan BRI maupun ATM lainnya. 

Penting pula untuk diketahui bahwa dewasa ini modus penipuan semakin merajalela dengan motif yang beragam. Termasuk di dalamnya penipuan di ATM. Menurut kabar terbaru, ada oknum yang sengaja menyisipkan kertas atau benda apapun itu di bagian untuk input kartu mesin ATM. 

Tujuan dari kegiatan tersebut supaya pengguna mesin kesusahan karena tidak bisa transaksi. Oknum pelaku akan menawarkan bantuan mengutarakan bahwa kartu Anda tertelan. Padahal, tidak. Nantinya, pelaku akan meminta untuk memasukkan PIN, lalu menguras isi ATM Anda. Jadi, sebagai langkah preventif, sebaiknya jangan terima bantuan mencurigakan di ATM dari orang asing.