Perbedaan kartu ATM chip dan magnetic stripe lengkap dengan kartu atm Mandiri chip atau BCA chip 2022

Harus Tahu! Ini Perbedaan Kartu ATM Chip dan Magnetic yang Akan Segera Diblokir

Nasabah bank seluruh Indonesia pasti dibekali dengan kartu ATM ketika membuka rekening baru. Jika dulu kartu yang Anda terima memiliki pita kotak memanjang hitam di bagian belakangnya atau magnetic, kini bagian tersebut digantikan dengan chip di bagian depannya seperti yang ada di SIM card. Tapi, apakah dua kartu ini berbeda? Sangat berbeda. Menurut himbauan BI kartu ATM magnetic akan segera diblokir atau setidaknya dibatasi penggunaannya. 

Hal ini bukannya tanpa alasan mengingat perbedaan kartu ATM chip dan magnetic memang signifikan, bukan hanya dari segi tampilan namun juga karakteristiknya. Secara umum, kartu ATM chip memiliki sekuritas atau tingkat keamanan yang lebih tinggi daripada kartu ATM magnetic stripe. Pasalnya, data yang ada dalam chip tersebut tidak bisa diduplikasi bahkan bisa dilihat keasliannya dengan alat khusus. Selain itu, masih ada beberapa perbedaan lainnya yang Anda harus tahu:

Perbedaan Kartu ATM Chip dan Magnetic dari Tampilan Fisik

Jika dilihat dari segi fisik, sebenarnya ukuran kedua kartu ini standar dan sama saja. Namun, perbedaan akan terlihat dari tampilan depan dan belakangnya. Misalnya saja kartu ATM Mandiri chip memiliki bagian dengan chip segi empat berwarna keemasan di bagian depannya. Chip yang Anda lihat ini persis seperti yang ada pada SIM card. Sedangkan kartu ATM magnetic memiliki pita hitam yang memanjang di bagian belakang atas. 

Bagian inilah yang biasanya digesekkan ke dalam mesin EDC ketika bertransaksi. Kartu ATM BCA chip dan magnetic secara umum juga memiliki perbedaan yang sama. Jadi, ketika ingin mengidentifikasi apakah kartu ATM yang dimiliki berjenis magnetic atau chip, cukup melihat sisi depan dan belakangnya saja.

Perbedaan Kartu ATM Chip dan Magnetic dari Segi Biaya

Kartu Mandiri debit chip juga memiliki perbedaan dengan magnetic dalam hal biaya kartu yang dibayarkan. Mengingat teknologi yang dipakai dalam Mandiri debit chip lebih tinggi dan canggih, tak heran bila Anda dikenakan biaya lebih untuk memilikinya. Misalnya saja untuk mendapatkan kartu debit magnetic Anda dikenakan biaya 20 ribu Rupiah, maka untuk versi chip biaya yang dibayarkan adalah 25 ribu atau lebih. Kendati perbedaan harganya tidak besar namun hal ini sudah bisa menjadi indikasi bahwa kartu ATM chip lebih baik dalam beberapa aspek.

Perbedaan Kartu ATM Chip dan Magnetic dari Segi Verifikasi

ATM Mandiri chip dianggap lebih aman ketimbang kartu magnetic yang dulu digunakan. Dengan data yang tidak bisa digandakan, akan lebih mudah bagi bank penerbit kartu untuk melakukan verifikasi apakah kartu chip tersebut asli atau palsu. Proses verifikasi ini tentu saja tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. Dibutuhkan metode online dan offline CAM untuk memeriksa keasliannya. Selain menguntungkan nasabah, kemudahan pengecekan keaslian kartu ATM chip BCA dan Mandiri juga memberikan keamanan lebih bagi bank penerbit sebab penggunaan dana nasabah secara ilegal bisa dicegah.

Perbedaan Kartu ATM Chip dan Magnetic dari Segi Efisiensi

Berbeda dengan kartu ATM dan debit magnetic, kartu debit chip Mandiri memiliki efisiensi lebih baik dimana dalam satu kartu memungkinkan aktifnya beberapa aplikasi. Kartu ATM konvensional hanya bisa menampung satu aplikasi saja sehingga dianggap tidak lagi sesuai dengan perkembangan dunia digital yang semakin pesat. 

Keempat perbedaan kartu chip dan magnetic stripes menjadi alasan bagi BI untuk mengeluarkan himbauan tersebut. Disebutkan bahwa nantinya, kartu magnetic hanya boleh digunakan untuk rekening dengan jumlah tabungan maksimal 5 juta Rupiah saja. Bagi Anda yang sering melakukan transaksi berangka besar dengan jumlah tabungan lebih dari itu, ada baiknya untuk segera beralih ke kartu chip sebelum tahun 2022 berakhir.

Pergantian dari kartu ATM magnetic ke chip dibatasi hingga tanggal 31 Desember 2022 jadi, jangan sampai terlambat. Jika Anda malas ke kantor cabang bank terdekat, cobalah menghubungi call center untuk menanyakan kemungkinan mengajukan pergantian kartu ATM secara online yang tentunya lebih nyaman buat nasabah.