Paket usaha bisnis laundry dan modal usaha laundry kiloan lengkap dengan peralatan dan cocok untuk pemula 2021

Usaha Laundry untuk Tambah Penghasilan Rumah Tangga

Ingin memulai bisnis tapi merasa tidak memiliki kemampuan khusus yang bisa dijual? Alasan ini sering jadi masalah bagi banyak orang yang ingin membuka bisnis kecil-kecilan sendiri. Merasa tidak punya bakat khusus, tidak punya modal, dan tidak bisa berjualan. Kalau begitu, ikuti saja tren yang sedang digemari. 

Salah satu contohnya adalah usaha laundry. Saat ini usaha laundry rumahan semakin banyak dicari. Karena tingkat kesibukan yang semakin meningkat, semakin banyak orang yang sudah tidak sempat lagi menyelesaikan pekerjaan rumah. Akhirnya mereka mencari cara mudah untuk melakukannya, mencuci pakaian termasuk salah satunya. Kini hampir di setiap jalan kita bisa menemukan usaha laundry kiloan. Meskipun ada banyak, usaha ini tetap laris dan berkembang karena peminatnya semakin banyak. Bagaimana caranya memulai usaha ini? Peralatan apa saja yang harus dibeli?

Layanan Paket Usaha Laundry

Karena semakin banyak diincar, saat ini ada banyak penyedia layanan paket usaha laundry. Bentuknya hampir serupa dengan usaha franchise. Di mana mereka akan membantu dan membimbing pelanggan yang akan membuka usaha laundry. Sebagai pelanggan, kita tidak perlu lagi bingung mencari dan membeli peralatan apa saja yang harus dimiliki di tempat usaha, karena semua sudah disiapkan dalam bentuk paket. Selain itu, kita juga bisa mendapat bimbingan memulai dan mengembangkan usaha agar sukses. 

Pada umumnya, pelanggan juga bisa berkonsultasi mengenai bisnis laundry kapan saja jika membutuhkan. Jadi paket laundry ini sangat tepat dimanfaatkan bagi pelaku usaha laundry pemula yang benar-benar tidak mengetahui apa yang harus dilakukan. Dengan bantuan paket semacam ini, siapa pun bisa memulai bisnis laundry sendiri. Tentu saja untuk bisa sukses harus dibarengi dengan kerja keras dan pengelolaan usaha yang baik dan baca juga cara investasi saham.  

Harus Siapkan Ini untuk Memulai Usaha Laundry

Jika kita memilih untuk memulai bisnis laundry kiloan dengan menggunakan layanan paket, maka yang harus kita siapkan sendiri adalah nama usaha laundry kita, tempat usaha, dan pegawai. Pilih nama yang singkat namun menarik dan ada hubungannya dengan mencuci pakaian. Tempat usaha bisa di rumah bila ada ruang yang cukup dan tidak mengganggu keluarga. Sementara pegawai disarankan di awal kita sendiri yang turun tangan, boleh ditambah bantuan orang lain. 

Setidaknya di awal kita tahu cara mengoperasikan semua peralatan di tempat usaha milik kita sendiri. Jadi ke depannya akan lebih mudah kalau harus mengajari pegawai. Sisanya? Perusahaan penyedia layanan paket laundry yang akan menyiapkan. Semua mesin, pemasangan, hingga training karyawan akan kita dapatkan. Untuk mencuci kiloan maupun satuan ada Standard Operation Procedure (SOP) yang harus benar-benar dijalankan jika ingin usaha laundry kita memiliki hasil kerja yang bagus. Pelatihan yang didapatkan mencakup mengatur cucian, cara menerima dan mengambil laundry, mencuci satuan, dry clean, dan mencuci kiloan. 

Selain itu, pelanggan juga akan diajarkan cara memasarkan usaha. Beberapa penyedia layanan paket laundry bahkan juga menyediakan media promosi dalam bentuk mendesain logo, brosur, banner, spanduk, bahkan hingga nota. Paket laundry juga biasanya termasuk konsultasi bisnis. 

Peralatan yang Dibutuhkan Usaha Laundry

Perusahaan penyedia layanan paket laundry pada umumnya menyediakan paket dengan pilihan yang beragam. Ada yang untuk usaha laundry kecil-kecilan dengan 1 unit mesin cuci, 1 unit setrika uap, deterjen premium, dan parfum laundry. Lalu ada juga paket yang menyediakan mesin pengering terpisah. Untuk usaha laundry yang lebih besar, jumlah mesin cuci dan mesin pengering akan ditambah. Peralatan usaha laundry kiloan ini bisa dipilih sesuai dengan kemampuan masing-masing calon pengusaha. 

Siapkan Modal untuk Usaha Laundry

Satu hal penting yang harus disiapkan untuk membuka usaha ini adalah modal usaha laundry. Di tahun 2021, kita bisa lebih leluasa mendapatkan pinjaman untuk modal bisnis. Salah satunya adalah melalui program Kredit Tanpa Agunan yang kini banyak ditawarkan oleh bank. Nasabah bisa lebih mudah mendapat modal untuk memulai usaha laundry tanpa perlu menjaminkan aset, dengan bunga dan cicilan yang relatif ringan.