Bansos UMKM

Syarat peminjaman:

Cara daftar bansos UMKM BRI online lengkap dengan info pendaftaran dan syarat 2022

Bunga:

Tidak ada bunga

Upah:

Hingga Tidak ada minimal pendapatan

Aturan kredit:

Minimal usia 21 tahun

Klik untuk loan

Bansos UMKM Terbaru Siap Cair

Sesuai dengan Peraturan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (PERMENKUKM) Nomor 2 Tahun 2022, bantuan sosial bagi para pegiat UMKM atau bansos UMKM akan kembali dicairkan tahun ini. Bantuan dana ini khusus ditujukan bagi para pegiat UMKM yang belum bankable, atau belum tersentuh dengan kredit bank. Tahun ini, bantuan ini khusus digunakan untuk menghadapi ancaman yang membahayakan kondisi perekonomian nasional sebagai dampak pandemi virus Corona yang telah dialami masyarakat di dunia sejak awal tahun 2020. 

Tak bisa dipungkiri, pandemi membuat banyak usaha kesulitan. Tentu saja pegiat UMKM tak luput dari masalah ini. Agar roda perekonomian terus berjalan dan masyarakat Indonesia teta[ sejahtera, maka dialirkanlah UMKM bansos. Siapa saja yang berhak menerima bantuan dana ini ?

Pihak yang Berhak Mendapat Bansos UMKM

Semua pegiat usaha mikro di Indonesia berpeluang mendapatkan bansos UMKM. Bagaimana dengan pegiat UMKM yang telah menerima bantuan dana di tahun sebelumnya? baik pegiat UMKM yang sudah menerima bantuan tahun lalu maupun yang belum pernah menerima sama sekali berhak mendapat peluang menerima bantuan ini. hanya saja, di tahun ini dilakukan evaluasi kembali pada penerima bantuan tahun lalu. Jika sampai terjadi bantuan salah sasaran, atau pegiat UMKM tersebut sudah tidak lagi memenuhi syarat, maka pemohon akan dihapus dari daftar bansos UMKM

Dana pun akan dialihkan ke pihak lain yang lebih berhak dan memenuhi syarat. Pegiat UMKM tidak perlu kuatir, karena dana yang tersedia tahun ini adalah Rp 15.36 triliun untuk 12.8 juta orang. Kementerian Koperasi dan UKM menyediakan dana tersebut sehingga setiap individu akan mendapat bantuan sebesar Rp 1.2 juta dengan penawaran cara daftar bantuan umkm

Agar anggaran pinjaman bisa tersalurkan sepenuhnya pada pihak yang membutuhkan, Kemenkop dan UKM akan meminta data dari dinas yang bersangkutan mengenai UMKM di seluruh Indonesia. Jika data yang didapat masih kurang, maka pegiat UMKM lainnya masih punya peluang untuk mendapatkannya. Karena itu, penting bagi pegiat UMKM untuk mengetahui syarat membuat pengajuan bansos UMKM.

Persyaratan yang Harus Dipenuhi dalam Pengajuan Bansos UMKM

Sebelum cari tahu cara daftar bansos UMKM, pelajari dulu beberapa persyaratan yang harus dipenuhi berikut ini. Pemohon harus merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) yang memiliki KTP aktif. Pemohon memiliki usaha mikro, ini bisa dibuktikan dengan melampirkan surat usulan calon penerima bansos UMKM dari pengusul bansos. 

Pemohon tidak sedang menerima Kredit Usaha Rakyat (KUR). Pemohon bukan merupakan bagian dari Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI /POLRI, dan bukan merupakan pegawai BUMN maupun BUMD. Jika merasa persyaratan ini bisa dipenuhi, maka pegiat UMKM bisa segera melakukan pendaftaran bansos UMKM agar bisa cepat didata dan diproses. 

Mengajukan Bansos UMKM di BRI

Pencairan dana bansos UMKM tahun ini akan dibagi menjadi beberapa tahap. Tahap yang pertama dana yang dibagikan adalah sebesar Rp 11.76 triliun untuk 9.8 juta pegiat UMKM. Sementara tahap kedua dana yang disalurkan adalah sebesar Rp 3.6 triliun untuk 3 juta pegiat UMKM. Agar anggaran dana bisa tersalurkan dengan baik, pemerintah juga menggandeng beberapa pihak untuk membantu. Salah satunya adalah Bank Rakyat Indonesia (BRI). Daftar penerima bansos UMKM BRI bisa diketahui dengan cara mengecek Nomor Indeks Kependudukan (NIK) di laman resmi BRI. Bila NIK sudah terdaftar, maka nasabah bisa langsung menghubungi kantor cabang BRI terdekat. 

Pihak BRI akan memberitahukan jadwal pencairan dana. Karena dilakukan secara bertahap, maka nasabah penerima bansos UMKM diharapkan hadir pada tanggal yang telah ditentukan dengan membawa identitas diri. Pengecekan daftar penerima bansos UMKM online ini dinilai praktis karena bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun dengan cara mengecek blt umkm

Info Lebih Lanjut Mengenai Bansos UMKM

Agar lebih banyak lagi masyarakat yang mengetahui akan bantuan dana ini, maka pemerintah juga mengadakan sosialisasi langsung kepada dinas yang membidangi koperasi dan UMKM. Dengan begitu, diharapkan dinas yang bertanggung jawab mampu meneruskan info bansos UMKM kepada masyarakat. Bertujuan membantu menstabilkan kesejahteraan para pegiat usaha kecil dan mikro, bansos UMKM diharapkan dapat membantu pihak yang tepat sasaran.


Cek juga

Syarat peminjaman:

Dapatkan Kartu Kredit HSBC online beserta info pembayaran dan cashback di 2022

Bunga:

2, 5% / bulan

Upah:

Hingga Gaji 3 juta

Aturan kredit:

5-Minimal usia 21 tahun

Deskripsi

Syarat peminjaman:

Cara pengajuan Bank Mekar PNM Syariah lengkap dengan syarat nya di 2022

Bunga:

Tidak ada bunga

Upah:

Hingga Tidak ada minimal pendapatan

Aturan kredit:

5-Berusia minimal 21 tahun - 55 tahun

Deskripsi

Syarat peminjaman:

Cara pinjam uang di Home Credit dengan pinjaman Home Credit di 2022

Bunga:

Bunga mulai dari 1.59% per bulan

Upah:

Hingga Mulai dari 2 juta/ bulan

Aturan kredit:

5-Berusia min 21 tahun

Deskripsi