Bantuan UMKM

Syarat peminjaman:

Cara daftar bantuan UMKM secara online lengkap dengan syarat nya 2022

Bunga:

Tidak ada bunga

Upah:

Hingga Tidak ada minimal pendapatan

Aturan kredit:

Berusia min 21 tahun

Klik untuk loan

Bantuan UMKM 2022 Guna Kurangi Dampak Pandemi

Dengan adanya pandemi virus Corona sejak awal tahun 2020, sudah dapat dipastikan banyak pengusaha yang terkena dampak negatifnya. Bagi pengusaha kecil dan mikro tentu hal ini sangat memberatkan mereka. Menyadari kondisi ini, pemerintah tidak tinggal diam. Salah satu upaya yang dilakukan untuk membantu para pengusaha adalah Bantuan UMKM yang berupa Bantuan Tunai Langsung (BLT). 

Pemerintah membuat program BLT melalui salah satu program BLT dengan tujuan memulihkan perekonomian nasional. Diharapkan para pengusaha kecil tetap bisa berkarya di tengah masa yang sulit dan tidak menyerah. Bantuan ini ditujukan khusus bagi para pengusaha mikro yang belum tersentuh kredit dari bank, atau belum bankable. Lalu siapa saja yang berhak daftar Bantuan UMKM? Simak infonya di sini.

Bantuan UMKM untuk Siapa?

Daftar penerima Bantuan UMKM adalah para pegiat usaha mikro dan usaha kecil, diutamakan yang belum tersentuh oleh kredit bank. Meski begitu, pegiat UMKM yang sudah mendapat bantuan ini di tahun sebelumnya tetap bisa mendapatkan bantuan kembali, selama masih memenuhi persyaratan. Pemerintah akan melakukan evaluasi dari penerima bantuan tahun lalu. Apabila salah sasaran atau tidak memenuhi syarat, maka akan dihapus dari daftar dan bantuan akan dialihkan pada pihak yang lebih membutuhkan. 

Pinjaman ini akan dilakukan secara bertahap hingga kuartal ketiga di tahun 2022. Dana yang telah disiapkan untuk tahap pertama adalah sebesar Rp 11.76 triliun untuk 9.8 juta pegiat usaha mikro. Anggaran untuk tahap kedua adalah sebesar Rp 3.6 triliun untuk 3 juta pegiat usaha mikro. Tiap pelaku usaha akan mendapat dana sebesar Rp 1.2 juta. Agar Bantuan UMKM lebih mudah tersalurkan, maka Kementerian Koperasi dan UKM akan mendapatkan data dari usulan dinas yang khusus membidangi koperasi dan UKM di tingkat kabupaten dan kota. 

Jika dana masih tersisa, maka akan diminta data lagi agar seluruh anggaran bisa tersalurkan. Karena itu, para pegiat UMKM pun perlu tahu cara daftar bantuan UMKM jika ingin terpilih sebagai salah satu yang mendapatkan bantuan. 

Syarat Daftar Bantuan UMKM

Kali ini daftar BLT UMKM online kembali dibuka. Para pegiat UMKM bisa mendaftar, baik yang sebelumnya sudah pernah menerima atau belum. Sebelum cari tahu cara mendaftar Bantuan UMKM, pastikan sudah memenuhi persyaratannya, yaitu pemohon adalah WNI yang memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK). Pemohon memiliki usaha mikro. Pemohon tidak berstatus sebagai ASN, TNI/POLRI, dan tidak bekerja sebagai pegawai BUMN/BUMD. Pemohon tidak sedang mendapatkan kredit atau pendanaan dari bank atau Kredit Usaha Rakyat (KUR). Jika pemohon memiliki alamat yang berbeda antara tempat tinggal dan tempat usaha, maka wajib melampirkan Surat Keterangan Usaha (SKU). 

Cara Daftar Bantuan UMKM 

Cara daftar BLT UMKM bisa dilakukan secara offline maupun online agar bisa menjangkau lebih banyak pegiat UMKM. Jika dilakukan secara offline, maka bisa mendatangi dinas yang membidangi koperasi dan UKM di tingkat kabupaten atau kota. Bisa juga mendatangi pihak bank maupun perusahaan pendanaan yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang telah ditunjuk oleh pemerintah. Pemohon akan diminta melengkapi dokumen seperti NIK, nama dan data diri lengkap, alamat tempat tinggal sesuai KTP, bidang usaha, dan nomor telepon yang aktif dan bisa dihubungi blt umkm tahap 3.

Cara Daftar Bantuan UMKM Online

Cara daftar BLT UMKM online bisa dilakukan lewat Bank Rakyat Indonesia (BRI). Cara daftar UMKM BRI sangat mudah. yaitu dengan mengunjungi laman resmi BRI. Kemudian cari form elektronik (e-form) khusus untuk BLT UMKM. Kemudian tinggal isi formulir dengan informasi yang benar dan lengkapi dokumen lainnya yang diminta. 

Bila telah terdaftar sebagai penerima BLT UMKM, maka pemohon bisa langsung menghubungi kantor cabang BRI terdekat untuk mengetahui proses pencairan dana. Karena dilakukan secara bertahap, maka pemohon akan mendapat dana sesuai tanggal yang telah diatur. Pada saat pencairan, diharapkan membawa identitas diri. Cara daftar BLT UMKM online sangat memudahkan bagi pegiat UMKM yang bertempat tinggal jauh dari dinas yang mengurus Bantuan UMKM dan cara daftar bansos umkm.


Cek juga

Syarat peminjaman:

Cara daftar pinjaman Amartha mikro fintek online di 2022

Bunga:

Bunga mulai dari 0.88% per bulan

Upah:

Hingga Min 3 jt/ bulan penghasilan

Aturan kredit:

5-Minimal usia 21 tahun

Deskripsi

Syarat peminjaman:

Cara daftar bantuan UMKM secara online lengkap dengan syarat nya 2022

Bunga:

Tidak ada bunga

Upah:

Hingga Tidak ada minimal pendapatan

Aturan kredit:

5-Berusia min 21 tahun

Deskripsi

Syarat peminjaman:

Dapatkan pinjaman online Syariah langsung cair dan tanpa riba legkap beserta KSP Syariah Baitussalam di 2022SP Syariah Baitussalam di 2022

Bunga:

Suku bunga 7% efektif per tahun

Upah:

Hingga Minimal pendapatan 2 jt/ bulan

Aturan kredit:

5-Batas usia pemohon dari 21 tahun

Deskripsi