BLT UMKM

Syarat peminjaman:

Cara mengecek penerima bantuan UMKM tahap 3 lengkap dengan syarat nya di 2021

Bunga:

Tidak ada bunga

Upah:

Hingga Tidak ada minimal pendapatan

Aturan kredit:

Berusia min 21 tahun

Klik untuk loan

Ini Dia Cara Dapatkan BLT UMKM Paling Mudah

Tak dapat dipungkiri, pandemi virus Corona yang telah melanda seluruh dunia selama lebih dari setahun pasti memiliki dampak bagi para pengusaha, terutama bagi pelaku usaha kecil dan usaha mikro. Kesulitan mencari modal untuk memulai atau mengembangkan usaha adalah masalah bagi banyak pengusaha. Menyadari akan situasi ini, pemerintah mengadakan program Bantuan Langsung bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah yang dinamakan BLT UMKM

Di tahun 2021 terdapat beberapa penyesuaian dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Bantuan dana yang diselenggarakan oleh Kementerian Koperasi dan UKM ini dilangsungkan secara online agar lebih mudah diakses dan bisa menjangkau lebih banyak pelaku UMKM yang benar-benar membutuhkan. Berapa nominal BLT UMKM online yang akan didapat tiap pengusaha? Siapa saja yang bisa mendapatkannya? Dapatkan infonya di bawah ini.

Nominal BLT UMKM Tahun 2021

Di tahun 2020, setiap pelaku UMKM bisa mendapatkan bantuan BLT UMKM sebesar Rp 2.4 juta. Di tahun 2021 terjadi beberapa perubahan. Dana yang telah dianggarkan untuk BLT UMKM tahun ini adalah sebesar Rp 15.36 triliun yang akan dibagikan kepada 12.8 juta pelaku UMKM. Jadi setiap pengusaha akan mendapat bantuan dana sebesar Rp 1.2 juta. Agar lebih terorganisir, pencairan dana akan dibagi menjadi beberapa tahap. Tahap yang pertama dana yang akan dibagikan sebesar Rp 11.76 triliun untuk 9.8 juta pelaku UMKM. 

Lalu dilanjutkan pencairan dana tahap kedua, dengan dana sebesar Ro 3.6 triliun untuk 3 juta pelaku UMKM. Agar dana tersalurkan tepat sasaran, Kementerian Koperasi dan UKM akan bekerja sama dengan dinas yang menangani sektor UMKM di tingkat kabupaten dan kota. Dengan begitu, data pelaku UMKM bisa lebih mudah tersaring. Apabila data yang didapat tidak mencapai target, bisa jadi dibuka BLT UMKM tahap 3. Karena itu, masih ada kesempatan bagi para pelaku UMKM untuk mendaftar. 

Pengusaha yang Berhak Menerima BLT UMKM

Semua pelaku usaha mikro dan usaha kecil berhak menerima BLT UMKM. Tetapi memang pengusaha yang belum pernah mendapatkan bantuan di tahun sebelumnya akan lebih didahulukan. Karena itu, penting bagi setiap pelaku UMKM untuk mengetahui syarat dan cara pengajuan BLT UMKM. Jika anggaran masih ada, pelaku UMKM yang telah menerima bantuan di tahun sebelumnya pun punya kesempatan untuk mendapat bantuan lagi, asalkan masih memenuhi syarat. Pemerintah akan melakukan evaluasi ulang bagi penerima bantuan tahun sebelumnya di bantuan umkm mekar

Apabila ada risiko salah sasaran atau pelaku UMKM sudah tidak lagi memenuhi syarat, maka keikutsertaannya di daftar penerima BLT UMKM bisa dihapus. Dengan demikian, dana bantuan bisa dialirkan ke pengusaha lain yang lebih membutuhkan. Untuk mendaftar, pemohon harus memenuhi syarat berupa WNI yang memiliki KTP yang masih berlaku, memiliki usaha mikro, dan tidak sedang menerima pendanaan atau kredit usaha lainnya seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR). Pemohon juga diharuskan bukan merupakan pegawai BUMN maupun BUMD, bukan bagian dari Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI/POLRI. 

Cara Mengecek BLT UMKM

Tidak semua pengusaha terverifikasi sebagai penerima bantuan ini. Sebaiknya pemohon mengecek dulu apakah termasuk ke dalam daftar penerima bantuan. Kementerian Koperasi dan UKM telah menggandeng Bank Rakyat Indonesia (BRI) untuk menyalurkan bantuan ini. Di BLT UMKM BRI, pemohon bisa mengetahui daftar penerima bantuan dengan penawaran koperasi mekaar

Cara mengecek penerima bantuan UMKM adalah dengan menuju ke laman resmi BRI atau e form BLT UMKM BRI. Bila nasabah terdaftar sebagai penerima BRI BLT UMKM, maka nasabah tinggal menghubungi kantor cabang BRI terdekat. Pihak BRI akan menjelaskan mengenai pencairan dana. Karena dilakukan secara bertahap, maka nasabah akan menerima jadwal pencairan dana. pada waktu yang telah ditentukan, diharapkan nasabah datang dengan membawa identitas diri resmi yang masih berlaku. 

Sementara bagi penerima BLT UMKM yang langsung mendaftar ke Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (Kadiskop UMKM) kabupaten atau kota setempat, akan mendapat info mengenai pencairan dana melalui pesan singkat/SMS. Untuk mendapatkan info lebih lengkap mengenai BLT UMKM, Anda bisa mengunjungi laman resmi depkop.go.id.


Cek juga

Syarat peminjaman:

Cara pengajuan Bank Mekar PNM Syariah lengkap dengan syarat nya di 2021

Bunga:

Tidak ada bunga

Upah:

Hingga Tidak ada minimal pendapatan

Aturan kredit:

5-Berusia minimal 21 tahun - 55 tahun

Deskripsi

Syarat peminjaman:

Dapatkan pinjaman BRI online untuk usaha tanpa jaminan di 2021

Bunga:

Bunga 2.5%

Upah:

Hingga Gaji minimum Rp 2 juta / bulan

Aturan kredit:

5-Minimal usia 21 tahun

Deskripsi

Syarat peminjaman:

Cara apply Kartu Kredit BCA beserta promo dan biaya nya di 2021

Bunga:

Suku bunga 2% / bulan

Upah:

Hingga Minimal pendapatan 2 jt/ bulan

Aturan kredit:

5-Minimal usia pemohon 21 tahun

Deskripsi