UMKM BRI

Syarat peminjaman:

Cara daftar UMKM BRI lengkap dengan syarat nya di 2021

Bunga:

Tidak ada bunga

Upah:

Hingga Tidak ada minimal pendapatan

Aturan kredit:

Usia 21 sampai 60 tahun

Klik untuk loan

Fakta Terbaru UMKM BRI yang Anda Harus Tahu

UMKM BRI adalah program pemerintah yang dilaksanakan oleh Kementerian Koperasi dan UKM untuk memberikan dana bantuan modal pada UMKM terutama di masa pandemi. Meskipun sama-sama program pemerintah, UMKM BRI atau BPUM (Bantuan Produktif Usaha Mikro) ini berbeda dengan pinjaman UMKM BRI alias KUR. Oleh karena BPUM ini murni bantuan maka sifatnya seperti dana hibah yang tidak diwajibkan untuk dikembalikan, sedangkan pinjaman BRI UMKM atau KUR jelas merupakan kredit yang mewajibkan dibayarkannya angsuran setiap bulan. Ini bukanlah kali pertama bagi UMKM BRI untuk diberikan kepada masyarakat karena di tahun 2020 yang lalu, setiap usaha mikro yang diusulkan mendapatkan bantuan modal sebesar 2.4 juta Rupiah. 

Tahun ini para penerima bantuan akan mendapatkan suntikan modal lagi sehingga jika Anda mendapatkan BPUM tahun lalu, ada baiknya segera melakukan cara mengecek UMKM BRI sebab siapa tahu nama Anda kembali terdaftar. Sambil menunggu hasil cek UMKM BRI, Anda bisa menyimak beberapa fakta terbarunya berikut ini:

UMKM BRI Bekerja Sama dengan Bank BRI Sebagai Penyalur Dana

Meskipun bantuan UMKM BRI menyandang nama bank BRI, namun dananya bukanlah berasal dari bank sendiri seperti program KUR. Dana yang digunakan untuk BUPM murni berasal dari pemerintah yang kemudian disalurkan oleh Bank BRI sebagai bagian dari BUMN. Itulah sebabnya setelah daftar UMKM BRI Anda bisa melihat progres turunnya bantuan di laman resmi BRI https://eform.bri.co.id/bpum. Untuk pecairan bantuan di tahun 2021 ini pemerintah juga masih bermitra dengan BRI sehingga jika nanti ternyata nama Anda terdaftar sebagai penerima BPUM, Anda harus bergegas mendatangi kantor cabang BRI terdekat untuk mengambil dana bantuan, sambil membawa E-KTP asli bukan fotokopi.

Pendaftaran Baru UMKM BRI Dibuka Hingga Akhir Agustus

Menurut kabar yang beredar, para pelaku usaha mikro yang mungkin belum mendapatkan bantuan BPUM sama sekali selama dua periode ini bisa kembali mendaftarkan usahanya hingga tanggal 31 Agustus 2021. Cara daftar UMKM BRI online cukup mudah. Sebelum datang ke koperasi atau pihak pengusul UMKM di daerah Anda, siapkan dulu beberapa data penting yang meliputi NIK sesuai dengan E-KTP, nomor KK, nama lengkap, alamat, bidang usaha dan nomor telepon. Setelah semua data dilengkapi, Anda bisa datang ke pihak pengusul yang ditunjuk untuk melakukan cara daftar UMKM BRI. Nantinya Anda hanya perlu menunggu kabar dari pengusul mengenai kapan bantuan akan cair secara serentak. 

Pinjaman UMKM BRI Berbeda dengan UMKM BRI BPUM

Meskipun sama-sama program pemerintah, UMKM BRI atau BPUM ini berbeda dengan pinjaman UMKM BRI atau KUR. Oleh karena BPUM ini adalah dana bantuan maka sifatnya seperti uang hibah yang tidak diwajibkan untuk dikembalikan. Di sisi lain, nominal yang disalurkan tergolong kecil yaitu 2.4 juta Rupiah di tahun 2020. Sedangkan pinjaman  UMKM Bank BRI atau KUR jelas merupakan kredit yang wajib dilunasi dalam jangka wkatu tertentu sesuai kesepakatan. Namun, karena bersifat hutang maka dana yang Anda terima tentunya lebih besar atau sesuai dengan permintaan nasabah dengan danamon american express.

Bantuan UMKM BRI Turun Sebanyak 50%

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tahun lalu dana bantuan modal dari Kementerian Koperasi dan UKM ini diterimakan sejumlah 2.4 juta Rupiah per usaha. Namun ada yang berbeda dengan bantuan BRI UMKM di tahun 2021 sebab nominal modal yang disalurkan menyusut setengahnya menjadi 1.2 juta Rupiah. Angka ini tentunya termasuk kecil sebagai suntikan modal mengingat sebelumnya memang dua kali lipat lebih besar. Akan tetapi, tetap saja hal ini patut disyukuri karena pemerintah begitu peduli pada perkembangan usaha kecil di tengah masa krisis yang tak kunjung selesai dengan promo kartu kredit uob.

Itulah beberapa fakta terbaru seputar UMKM BRI. Jika ingin memeriksa apakah nama Anda kembali menjadi penerima dana bantuan BPUM, jangan ragu untuk mengeceknya secara online di https://eform.bri.co.id/bpum. Dan jika belum terdaftar, segeralah membuat permohonan bantuan ke pengusul setempat supaya Anda tidak perlu mengajukan pinjaman modal usaha dengan syarat yang memusingkan kepala. 


Cek juga

Syarat peminjaman:

Cara daftar Kartu Kredit AEON lengkap dengan cara bayar nya di 2021

Bunga:

Suku bunga dari 3 - 5% / bulan

Upah:

Hingga Pendapatan bulanan min 2.5 jt

Aturan kredit:

5-Usia 21 sampai 60 tahun

Deskripsi

Syarat peminjaman:

Cara pinjam uang di Shopee yang mudah di 2021

Bunga:

Dari 3% / bulan

Upah:

Hingga Dari 2 juta/ bulan

Aturan kredit:

5-Berusia minimal 21 tahun - 55 tahun

Deskripsi

Syarat peminjaman:

Cara membuat Kartu Kredit BNI Black Card beserta promo dan biaya nya di 2021

Bunga:

Mulai dari 2% per bulan

Upah:

Hingga Gaji minimal 2 juta/ bulan

Aturan kredit:

5-Berusia minimal 21 tahun - 55 tahun

Deskripsi