UMKM Mekar

Syarat peminjaman:

Cara pengajuan bantuan UMKM Mekar BUMN lengkap dengan syarat 2021

Bunga:

Tidak ada bunga

Upah:

Hingga Tidak ada minimal pendapatan

Aturan kredit:

Usia 21 sampai 60 tahun

Klik untuk loan

UMKM Mekar untuk Wanita Indonesia yang lebih Mandiri

Bantuan untuk pelaku usaha mikro dan usaha kecil kini cukup banyak ditemukan. Baik pihak pemerintah maupun swasta sama-sama berlomba membantu para pelaku UMKM. Pada dasarnya, baik pihak swasta maupun pemerintah memiliki tujuan yang sama, yaitu agar tercipta kesejahteraan ekonomi, agar masyarakat Indonesia bisa tetap kreatif dan mandiri ke depannya. Salah satu bantuan UMKM yang unik adalah bantuan UMKM Mekar. Kenapa unik? Karena bantuan ini dikhususkan bagi para pelaku usaha mikro wanita. Bantuan UMKM Mekar merupakan program dari PT Permodalan Nasional Madani (Persero) yang telah didirikan sejak tanggal 1 Juni 1999. 

Sejak tahun 2008, PNM bertransformasi dan lebih mengkhususkan usahanya untuk membantu usaha mikro dan kecil dengan cara memberikan bantuan dana. Produk pertamanya diluncurkan di tahun yang sama dengan nama PNM ULaMM (Unit Layanan Modal Mikro). Sejak tahun 2009, PNM mendapatkan sumber dana melalui kerja sama dengan pihak ketiga, yaitu perbankan dan pasar modal. Baru di tahun 2015 PNM meluncurkan produk Mekar UMKM yang ditujukan bagi kaum wanita.

Melihat UMKM Mekar Lebih Dekat

Mekar merupakan singkatan dari Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera. Layanan yang diluncurkan PNM pada tahun 2015 ini diberikan khusus bagi para perempuan prasejahtera yang menjalankan usaha ultra mikro. Dana bantuan koperasi Mekar bisa digunakan untuk memulai usaha maupun mengembangkan usaha. Setiap tahun, produk UMKM Mekar ini kian diminati. Tercatat telah menyalurkan pinjaman pada jutaan wanita pelaku usaha mikro, tahun ini pun diharapkan PNM Mekar bisa memberi bantuan kepada lebih banyak pihak yang membutuhkan. 

Terutama sejak dilanda pandemi, banyak pelaku usaha mikro yang mengalami kesulitan dalam menjalankan usahanya. Bekerja sama dengan pemerintah, penyaluran dana bantuan koperasi Mekar PNM dibantu oleh Bank Nasional Indonesia (BNI). Di tahun 2021 ini, sejak bulan Februari koperasi Mekar sudah mulai menerima bantuan. 

Cara Mendapat Bantuan Pinjaman UMKM Mekar

Untuk mendapatkan bantuan dana dari UMKM Mekar, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Pelaku usaha mikro harus mendaftar menjadi nasabah PNM Mekar. Nasabah koperasi Mekar PNM haruslah wanita berusia minimal 18 tahun dan maksimal 55 tahun. Bantuan dana akan diberikan dengan sistem berkelompok, dalam 1 kelompok terdiri dari 10 nasabah. Pembentukan kelompok ini penting karena bantuan UMKM Mekar tidak membutuhkan jaminan. 

Dengan dibentuknya kelompok, diharapkan akan tercipta gotong royong dan kedisiplinan yang dinamakan sistem tanggung renteng. Jadi jika ada salah satu anggota kelompok yang kebetulan mengalami kesulitan dalam mengangsur, diharapkan anggota lain akan membantu. Setiap kelompok akan dipimpin oleh seorang ketua. Setiap minggunya akan diadakan Pertemuan Kelompok Mingguan (PKM), yang digunakan sebagai pembinaan usaha sekaligus membayar angsuran mingguan dengan cara mengecek penerima umkm

Cara Mengajukan Pinjaman UMKM Mekar

Bila sudah memenuhi persyaratan yang diminta oleh PNM, maka calon peminjam bisa mengunjungi kantor cabang PNM terdekat. Cara pengajuan lainnya adalah melalui agen PNM keliling yang melakukan sosialisasi di tingkat RT atau RW. Pihak PNM Mekar akan menguji kelayakan dengan cara mendatangi rumah setiap anggota kelompok dan survei tempat usaha. Ini penting dilakukan agar pinjaman tepat guna dan tidak terjadi penyalahgunaan pinjaman oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. 

Setelah kelompok disetujui mendapat bantuan dari koperasi Mekar BUMN, maka kelompok tersebut akan diwajibkan mengikuti bimbingan selama 5 hari. Ini gunanya sebagai pembekalan ilmu. Di hari kelima, pihak PNM akan memberi keputusan mengenai pencairan dana. Pencairan dana ini akan dilakukan secara bertahap atau sekaligus, sesuai dengan kesepakatan antara pihak PNM dengan nasabah. Setiap minggunya nasabah akan mengadakan pertemuan sekaligus pembayaran kredit mekar pnm

UMKM Mekar Syariah

Bagi pelaku usaha mikro yang ingin mendapatkan pendanaan berdasarkan prinsip syariah, bisa mengajukan PNM Mekar Syariah. Pendanaan program ini didasari ketentuan hukum Islam yang sesuai dengan kesesuaian syariah dari Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia. Dengan adanya pilihan program ini, UMKM Mekar bisa menyentuh berbagai kelompok masyarakat, terutama para wanita agar bisa lebih mandiri dan ikut serta dalam kesejahteraan keluarga dan lingkungannya.


Cek juga

Syarat peminjaman:

Cara apply Kartu Kredit Mandiri beserta biaya nya di 2021

Bunga:

2% per bulan

Upah:

Hingga 2, 5 juta / bulan

Aturan kredit:

5-Usia 21 sampai 60 tahun

Deskripsi

Syarat peminjaman:

Dapatkan pinjaman BRI online untuk usaha tanpa jaminan di 2021

Bunga:

Bunga 2.5%

Upah:

Hingga Gaji minimum Rp 2 juta / bulan

Aturan kredit:

5-Minimal usia 21 tahun

Deskripsi

Syarat peminjaman:

Cara pinjam uang di Home Credit dengan pinjaman Home Credit di 2021

Bunga:

Bunga mulai dari 1.59% per bulan

Upah:

Hingga Mulai dari 2 juta/ bulan

Aturan kredit:

5-Berusia min 21 tahun

Deskripsi