Blog

Asal Usul Buah Kurma yang Harus Kamu Tahu

Buah kurma adalah salah satu buah tertua bahkan sudah ada ketika Adam dan Hawa menginjak Bumi. Jejak-jejak pohon kurma juga ditemukan pada sebuah kuburan tua di Mesir yang sudah ada sejak 3200 tahun sebelum Masehi. Untuk lebih mengetahui tentang asal usul buah kurma dan keistimewaannya, silahkan simak artikel berikut.

Asal Usul Buah Kurma

Asal usul buah kurma masih menjadi perselisihan di kalangan para ahli. Ada yang mengatakan bahwa daerah sepanjang pesisir teluk Arab adalah tempat yang sesuai untuk kurma tumbuh subur. Kurma memang tidak bisa tumbuh di sembarang tempat, buah ini hanya bisa bertahan di daerah tropis seperti di wilayah Timur
Tengah.

Kurma sebenarnya adalah tanaman yang masuk dalam keluarga Palem atau Palmae. Selain di Timur Tengah, pohon ini juga ditemukan di Kepulauan Canary, Afrika Utara, Pakistan, India dan negara bagian California di Amerika.

Asal Usul Buah Kurma dan Keistimewaannya

Pohon buah kurma umumnya memiliki tinggi sekitar 23 meter, batangnya bulat ada yang tunggal dan berumpun, mahkotanya cantik dengan rentangan berukuran 6 meter, daun menyirip panjang sekitar 5 meter. Ada lebih dari 1000 tanggal buah dapat tumbuh dalam satu tandan.

Terobosan baru dalam teknologi pertanian adalah buah kurma sudah bisa tumbuh di iklim tropis negara lain termasuk Indonesia. Kota yang telah menjalankan perkebunan kurma di Indoneasia adalah Kabupaten Pasuruan tepatnya di Desa Pucangsari.

Kota lainnya segera menyusul termasuk di Makassar Sulawesi Selatan yang saat ini sedang membudidayakan bibit Kurma Kuljar Barhee di daerah Pucak Maros. Proyek di Pucak Maros ini diberi nama Wisata Kebun Kurban. InsyaAllah kebun kurma di WisataKu ini akan menjadi yang pertama di Indonesia Timur.

Keistimewaan Buah Kurma Dibanding Buah Lainnya

Buah kurma adalah buah penuh berkah dan sering disebut di dalam beberapa ayat di Alquran. Salah satunya dalam Surah Maryam Ayat 25-26. “Dan goyangkanlah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon ituakan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu. Maka makan, minum dan bersenang-senang hatilah kamu. Jika kamu melihat seorang manusia, maka katakanlah: “Sesungguhnya aku telah bernazar berpuasa untuk Tuhan Yang Maha Pemurah, maka aku tidak akan berbicara dengan seorang manusiapun pada hari ini.”

Asal usul buah kurma sejak dahulu dijadikan makanan pokok penduduk di padang pasir dan menjadi sumber penghasilan penduduk dengan diperjual belikan. Keistimewaan buah kurma adalah seluruh bagiannya bisa dimanfaatkan dan bernilai ekonomi. Batangnya bisa dijadikan kayu dan bisa dijadikan pondasi rumah yang kuat, pelepah daunnya digunakan membuat tikar, keranjang dan perabotan.

Dasar daun kurma berguna untuk bahan bakar, begitu pula tangkai buah dijadikan tali dan bahan bakar. Buahnya dikonsumsi dan mengandung banyak manfaat bagi kesehatan. Buah kurma mengandung 70% gula, 20% protein, 3% lemak dan mineral.

Penelitian  di salah satu universitas di Mesir mempublikasikan bahwa penyakit ganas seperti kanker tidak menyebar ke daerah yang mengkonsumsi kurma sehari-hari karena ada zat anti kanker di dalamnya. Biji buah kurma jangan dibuang karena bisa dimanfaatkan sebagai pakan ternak.

Demikianlah asal usul buah kurma dan keistimewaannya, semoga bisa dijadikan tuntunan bahwa jika Allah menciptakan kurma yang kaya manfaat bagi makhluk hidup, apalagi kita manusia yang memiliki potensi lebih besar, seharusnya kita bisa memberi kontribusi yang nyata bagi dunia ini, InsyaAllah!