Blog

Beternak kambing Mendatangkan Pundi-Pundi Rupiah

Jika Anda memiliki lahan pertanian atau kebun yang cukup luas, sayang sekali bila tidak dimanfaatkan untuk menghasilkan sesuatu yang menadatangkan uang. Salah satunya adalah beternak kambing. Mengapa kambing? Kambing adalah hewan yang hampir seluruh bagian tubuhnya bermanfaat bagi manusia. Daging dan susunya bisa diolah menjadi olahan makanan yang nikmat dan bergizi.

Hal yang perlu diperhatikan dalam beternak kambing adalah kualitasnya. Kambing yang berkualitas premium akan melahirkan keturunan yang berkualitas pula. Jadi, jangan sembarangan membeli kambing, pastikan Anda membelinya di tempat yang terpercaya dan jangan lupa mengecek kesehatan kambing tersebut.
Bagaimana cara menghasilkan uang dari beternak kambing? Berikut ini beberapa diantaranya:

  1. Menjual susu kambing. Siapa bilang susu yang sehat hanya diperoleh dari perahan sapi? Nutrisi dalam susu kambing juga tidak kalah tingginya. Susu kambing mengandung kalsium, fosfor, sodium, dan zat lainnya penting untuk menjaga imunitas tubuh. Bagi balita dan anak-anak, susu kambing baik dikonsumsi untuk menjaga pertumbuhan tulang dan gigi tetap normal. Sedangkan lansia, susu kambing bisa diminum untuk mencegah pengapuran tulang.
  2. Menjual daging kambing. Harga daging kambing cukup mahal untuk dijual, apalagi menu kambing identik untuk perayaan tertentu misalnya akikah dan saat musim kurban bagi umat muslim. Anggapan bahwa makan daging kambing itu tidak sehat karena bisa membahayakan kolesterol tidak sepenuhnya benar. Jika diolah dengan cara yang benar dan dikonsumsi secara tidak berlebihan maka tidak akan mebahayakan. Justru daging kambing memiliki nilai gizi yang tinggi antara lain protein, zat besi, vitamin B12, dan omega-3. Tubuh manusia membutuhkan nutrisi dari daging kambing ini untuk menyehatkan fungsi saraf, mempertahankan sistem imun, anti inflamasi dan menjaga ketahanan otot.

Ada banyak kisah sukses para peternak kambing di Indonesia. Salah satunya dikutip dari artikel detikfinance adalah kisah Bapak Sofian Hadi yang berhasil meraih pmzet dari beternak kambing sampai Rp 400 juta dalam setahun. Ada juga kisah sukses Bapak Ragil Bambang Sumantri yang dikutip dari merdeka.com yang telah memiliki dua ratus lebih ekor kambing. Kambing-kambing tersebut tidak hanya dijual tetapi susunya diolah membuat produk-produk seperti sabun, yoghurt dan masker. Hasilnya dipasarkan secara online dan sampai saat ini selalu diserbu konsumen.

Bagaimana, Anda tertarik beternak kambing? Kabar baiknya, saat ini sedang dibangun kawasan investasi terbesar pertama di Indonesia Timur yang bernama Wisata Kebun Kurban. Lokasinya berada di Pucak Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Di sini Anda bisa mendapatkan tanah kavling berukuran 7 x 15 meter, ditambah dua pohon kurma dan satu ekor kambing. Bagi Anda yang tertarik ingin mengembangkan usaha ternak kambing, lokasi ini sangat strategis dan Anda akan didampingi oleh para ahli di bidang peternakan dan pertanian dalam pengelolaannya. Silahkan hubungi marketing Ar-Rayyan untuk informasi lebih lanjut.