Blog

Beternak Kambing Kacang, Investasi Untuk Masa Yang Akan Datang

Investasi  finansial terbaik apakah yang sudah Anda siapkan untuk masa yang akan datang? Tabungan? Deposito? Rumah dan apartemen?. Ternyata kita tidak sulit untuk mencari apa investasi yang menguntungkan sampai akhir zaman. Investasi ternak kambing kacang, selain menguntungkan juga menjadi investasi yang Insya Allah berkah.

Dari Abu Said berkata  Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Hampir saja harta muslim yang terbaik adalah kambing yang digembala di puncak gunung dan tempat jatuhnya hujan. Dengan membawa agamanya dia lari dari beberapa fitnah (kemungkaran atau peperangan sesama muslim)”. (H.R. Bukhari)

Beternak kambing adalah salah satu investasi yang menguntungkan. Daging kambing disebutkan memiliki keberkahan, artinya banyak kebaikan pada daging kambing ini. Terdapat perintah agar kita memelihara dan memanfaatkan kambing karena padanya ada keberkahan. Dari Ummu Hani radhiyallahu anha, Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda padanya, “Peliharalah kambing karena kambing itu penuh berkah.” (HR. Ibnu Majah, no. 2304. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih.)

Berikut artikel singkat tentang investasi ternak kambing kacang dan keuntungannya. Juga mengapa investasi ternak kambing kacang ini menjadi unggulan.

Investasi Ternak Kambing Kacang dengan Keuntungan yang Menarik

Investasi Ternak Kambing Kacang

Mengapa kambing kacang dapat menghasilkan keuntungan yang menarik?

Kambing kacang adalah salah satu ras kambing unggulan yang telah sejak lama dibudidayakan di Indonesia. Kambing kacang adalah salah satu kambing lokal yang memiliki kemampuan adaptasi dengan iklim tropis di Indonesia, sehingga cocok untuk diternakkan di berbagai wilayah di Indonesia. Kambing kacang merupakan tipe kambing pedaging yang harganya relative lebih murah dibandingkan dengan ras kambing lain, misalnya kambing Etawa. Namun pangsa pasar kambing kacang sangat luas karena kambing ini cukup diminati sebagai kambing aqiqah dan keperluan daging kambing untuk konsumsi rumah makan.

Pada umumnya kambing kacang betina dewasa memiliki bobot sekitar 25 kg  dan jantan dewasa 30 kg. Bulunya dapat berwarna putih, coklat, hitam, atau kombinasi ketiganya. Kambing kacang menjadi pilihan yang sering diternakkan karena relatif mudah dalam pemberian pakan dan pengelolaannya. Selain itu kambing jenis ini memiliki kemampuan reproduksi yang baik dan seringkali menghasilkan anak kambing kembar. Terkadang bahkan dalam satu kelahiran menghasilkan keturunan kembar tiga setiap induknya. Kambing kacang dapat berkembang biak sepanjang tahun.

Baca Juga: Beternak Kambing Mendatangkan Pundi-Pundi Rupiah

Beternak kambing jenis ini juga lebih cepat mendapatkan keuntungan karena siklus perkembangbiakan kambing kacang lebih singkat, yaitu sekitar 6-7 bulan jika kita lakukan perawatan yang baik, Jadi dalam waktu satu tahun kambing bisa menghasilkan keturunan 2 kali. Jika dalam  dua tahun satu ekor kambing betina menghasilkan 4-8 anak, maka jika setiap anak kambing yang dirawat sampai dewasa harganya minimal berkisar 1,5 sampai 2 juta, maka Anda akan mendapatkan keuntungan berkisar 6-15 juta per tahun hanya dari satu kambing saja. Sangat menggiurkan bukan?

Peternakan Modern Kambing Kacang Lokal di Wisata Kebun Kurban Pucak Maros

Menariknya kambing kacang ternyata juga menjadi investasi unggulan di beberapa developer kavling properti syariah. Anda tidak perlu lagi repot menyediakan lahan dan kandangnya karena semuanya akan dibantu dikelola dengan profesional dengan sistem bagi hasil yang sama-sama menguntungkan.

Salah satu proyek yang ada di Pucak Maros, yaitu Wisata Kebun Kurban. Disini nantinya akan ada peternakan modern kambing kacang lokal pertama dan terbesar di Indonesia Timur.  Konsep investasi ternak kambing kacang yang digabungkan dengan perkebunan, membuat investasi ini menarik.  Yuk mulai beternak kambing kacang untuk salah satu investasi  Anda yang akan datang!