BlogInformasi

Manfaat susu kambing | Istimewanya Susu Kambing

manfaat susu kambing

Manfaat susu kambing | Sudah tertanam di dalam pikiran kita terutama para orangtua, bahwa susu adalah salah satu sumber gizi yang paling baik selain makanan. Hingga padajargon yang sudah sangat familiar pun susu masuk ke dalam hitungan: 4 sehat 5 sempurna. Nasi , lauk-pauk, sayuran, buah dan susu. Susu adalah penyempurna. Paripurna asupan gizi dalam tubuh manusia. Kita akan membahas mengenai manfaat susu kambing di artikel ini. langsung saja yah cekidot.

Susu sapi adalah susu yang sangat dekat dengan kehidupan kita. Baik susu segar, susu kemasan, hingga aneka olahan susu sapi telah akrab dengan kita sudah begitu lama. Selain susu sapi, jenis susu yang familiar lainnya adalah susu soya atau susu kedelai atau sering juga disebut air tahu.
Namun demikian, ternyata ada sumber susu lain selain susu sapi dan susu soya dengan kandungan gizi yang juga sangat baik. Bahkan menurut beberapa penelitian susu ini jauh lebih baik daripada susu sapi. Susu ini adalah susu kambing.

Baca juga : Kolestrol akibat konsumsi daging kambing

Susu kambing adalah susu yang berasal dari kambing betina. Susu yang diperah adalah susu dalam jangka waktu hingga tiga hari setelah proses melahirkan.

Kenapa Memilih Susu Kambing?

1. Mirip dengan Air Susu Ibu (ASI)
Yang menarik adalah susu kambing ternyata memiliki komposisi dan struktur gizi yang sangat mirip dengan ASI. Karena komposisi dan struktur inilah susu kambing menjadi lebih mudah dicerna di dalam tubuh manusia.

Jika tubuh kita membutuhkan waktu lebih lama untuk mencerna susu sapi, (sekitar 2 – 3 jam), maka susu kambing bisa dicerna hanya dalam 20 menit saja.

2. Sumber kalsium dan nutrisi penting
Susu kambing mengandung kalsium dan fosfor yang kaya. Keduanya bermanfaat pada proses pembentukan tulang. Selain itu dibandingkan dengan susu sapi, susu kambing mengandung vitamin A, niacin dan potasium yang jauh lebih banyak.

3. Anti Inflamasi dan melindungi jantung
Salah satu keunggulan susu kambing adalah memiliki anti inflamasi yang berfungsi mengurangi peradangan dan sakit perut. Khasiat ini disebabkan oleh enzil oligosakarida yang membantu mengobati radang usus.

Selain baik pada pencernaan, susu kambing juga mengandung asam lemak yang membantu menyeimbangkan kadar kolestrol dalam tubuh.

Tips Mengkonsumsi Susu Kambing

Produk susu kambing di pasaran biasanya sudah dalam bentuk bubuk yang siap diseduh. Nah, sebelum membeli susu kambing, pastikan ada label bebas ‘Bovine Growth Hormone (BHG) dan antibiotik’ pada kemasannya.

Selain itu, meski susu kambing memiliki komposisi dan struktur mirip ASI, bayi di bawah 2 tahun tetap lebih bijak jika masih diberi ASI eksklusif. Jika ingin memeberikan susu tambahan pada bayi usia 1 tahun ke atas, konsultasikan ke dokter terlebih dahulu. Karena susu kambing, seperti halnya susu sapi, tetap memiliki potensi alergi.

Last but not least, semua yang berlebihan itu tidak baik. Jadi konsumsilah susu kambing secukupnya saja. Jangan lupa atur pola makan dengn gizi seimbang, olahraga teratur dan yang terpenting selalu berpikiran positif.
Selamat minum susu kambing, semua! [eq]

by:aineblume