Dongeng Anak

Kisah Mandiri Anak Yatim Piatu

Terlahir menjadi yatim, Ayahnya meninggal karena sakit saat melakukan perjalanan berdagang. Di saat usianya masih belia yakni 6 tahun, ia pun kehilangan ibu. Anak yatim piatu ini bernama Muhammad , yang kelak menjadi Tauladan seluruh umat manusia.

Muhammad kecil yang sudah yatim piatu kemudian diasuh oleh sang kakek, Abdul Muthalib. Ternyata tak berselang lama, sang kakek juga dipanggil ke hadirat Allah SWT. Akhirnya Muhammad diasuh oleh pamannya. Abu Thalib bin Abdul Muthalib

Tentu bukan hal mudah menghadapi cobaan demi cobaan ditinggal orang-orang terkasih di usia yang masih begitu belia. Meski demikian, justru inilah yang menempa Muhammad menjadi sosok yang mandiri dan kuat. Masa kecil hingga remajanya dijalani dengan bekerja keras.

Maklum saja, sang paman bukanlah golongan orang berada, sehingga Muhammad harus bekerja keras untuk memenuhi kebutuhannya.

Tanpa lelah Muhammad bekerja mengembala Kambing. Hewan ternak tersebut dijaganya dengan baik, bahkan dengan berani ia menghalau binatang buas yang mengincar Kambingnya.
Ratusan kambing yang digembalakan, dijaga dengan penuh kesabaran, meski dalam kondisi cuaca yang panas, sehingga membutuhkan kesabaran extra.

Selain itu, Muhammad juga tak malu untuk berdagang di pasar membantu pamannya.

Pada usia 12 tahun, Muhammad diajak pamannya berdagang ke Syam. Berkat ketulusan dan kelurusan hatinya, Muhammad remaja mendapat sebutan Al-Amien, “yang dapat dipercaya”, dari orang-orang Mekah.

Meski tak menikmati masa kecil seperti anak pada umumnya, Muhammad tak pernah mengeluh, merepotkan, dan menjadi beban orang lain. Sebaliknya, ia tumbuh menjadi sosok dengan sifat-sifat yang baik dan mulia. Muhammad dikenal sebagai pekerja keras yang tidak bergantung pada orang lain dan jujur. Tak heran jika banyak orang yang senang dan segan serta mempercayainya.

Kesederhanaan, kerja keras, mandiri, jujur, berani, dan penuh kasih sayang dari sosok Nabi Muhammad SAW layak untuk diteladani dalam kehidupan sehari-hari.

#30DEM
#30dayemakmendongeng
#day2
#kisahinspirasi
#anakmandiri
#arrayyanagency
#pejuangpropertisyariah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.