BlogInformasi

Mengenal Jenis Kurma Barhee, Kurma Yang Dapat Tumbuh di Indonesia

Apakah Anda sering bertanya-tanya, mungkinkah buah kurma dapat tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia? Bukankah kurma hanya tumbuh di daerah kering dengan gurun dan padang pasir? Apakah ada kurma yang bisa dipanen saat buahnya masih muda dan dapat dipanen pula saat sudah matang?. Jawabanya adalah kurma barhee.  Simak artikel berikut tentang kurma barhee, salah satu jenis kurma yang dapat tumbuh di Indonesia.

Budidaya Kurma Barhee di Thailand dan Indonesia

Jenis Kurma Barhee yang Dapat Tumbuh di Indonesia

Saat ini sudah ada varian bibit kurma yang dapat ditanam di daerah tropis yang bernama varian kurma Barhee. Mungkin saja Anda baru mendengar dan mengenal kurma yang satu ini, padahal di Thailand kurma ini sudah dibudidayakan. Kurma ini dikembangkan di ribuan hektar tanah dan cuacanya yang tropis sama seperti Indonesia.

Bibit kurma hasil perbanyakan generatif seperti pada umumnya memiliki kelemahan. Kita baru bisa mengetahui apakah bibit tersebut jantan dan betina (yang dapat berbuah) setelah usianya 7 sampai 10 tahun. Untuk menangani kendala tersebut, maka saat ini bibit kurma dibudidayakan dengan teknik kultur jaringan sebagai solusi paling tepat untuk mengetahui dan mendapatkan jenis kelamin kurma sejak dini. Nah, salah satu bibit kurma yang menjadi primadona di Indonesia adalah kurma jenis Barhee ini.

Baca Juga: Asal Usul Buah Kurma yang Harus Kamu Tahu

Keunggulan Bibit Kurma jenis Barhee

Lalu apa saja sih keunggulan bibit kurma jenis Barhee yang dipandang “seksi” ini dibandingkan bibit-bibit kurma lainnya? Para pembudidaya menyukai bibit ini karena hasil buah kurma yang dihasilkan. Buah kurma dagingnya manis dan uniknya pohon kurma Barhee ini dapat dipanen dalam fase muda. Ini menjadikan nilainya ekonomis, lebih tinggi dan memiliki segmen penggemar kurma muda yang cukup banyak jumlahnya di Indonesia.

Saat ini kurma muda (ruthob) memiliki harga jual yang lebih tinggi dari kurma matang (tamr) di pasaran. Bibit kurma barhee adalah bibit kurma bersifat unggulan yang asalnya dari hasil kultur jaringan. Kelebihannya dapat mulai berbunga sejak umur pohon 4 tahun.

Kurma muda ini tentunya berbeda dengan hasil perbanyakan generatif (biji). Kurma muda ini membutuhkan waktu cukup lama sekitar 7–8 tahun untuk berbuah. Tentu saja hal ini menjadi poin plus bagi yang ingin menanamnya sebagai investasi di kebun-kebun kurma.

Baca juga: Kavling Kebun Kurma Kuljar Barhee di Wisata Kebun Kurban Pucak Maros

Agrowisata Kebun Kurma Barhee di Thailand 

Bibit kurma Barhee yang didapatkan dari hasil kultur jaringan ini tentunya memiliki sifat yang bisa dipastikan seragam dengan induk kulturnya. Seragam ini berupa kualitas, rasa manis, dan bentuk. Kurma Barhee ini cocok disantap untuk pangan berbuka puasa dan konsumsi sehari-hari yang menyehatkan. Juga sangat cocok dikeringkan seperti kismis.

Kurma Barhee inilah yang telah sukses dikembangkan di Thailand sebagai agrowisata menarik. Kawasan agrowisata ini mendatangkan keuntungan yang cukup besar dari ekspor kurmanya ke negara-negara tetangga. Tertarik untuk mencicipi gurih dan manisnya keuntungan kurma Barhee di Indonesia Timur?

Silahkan pelajari konsep investasi Wisata Kebun Kurban (kebun kurma dan kurma durian) di Pucak Maros. Silahkan hubungi Ar-Rayyan Property (081242132004) untuk informasi lebih lanjut.

Baca juga: Ciri-ciri Pohon Kurma dalam Al Quran