BlogWisata Kebun

Kurma VS Kelapa Sawit

Ada yang tanya gini, seberapa besar produktifitas Kurma dalam berbuah dan pengembangan skala industri? Ini dari komentar atas brosur yang tim kami sebar terkait dari produk Kavling Kurma di Wisata Kebun Kurban (Wisataku). Belum terjawab, si penanya langsung memaparkan hitungan atas hasil yang diperoleh dari pertanian Kelapa Sawit. Kalau orang awwam lihatnya sih pasti langsung tertarik banget. Soalnya hitungannya pas di kantong alias menggiurkan. Kalau saja sebelum kenal dan memahami prospek kurma di Indonesia pasti Kelapa Sawit ini bisa menjadi pilihan Investasi.

Tapi, sayang telat? Alhamdulillah, tumbuhan istimewa, kurma. Ternyata lebih menggiurkan untuk dikembangkan dalam skala besar atau industri. Mungkin kalau membaca tulisan saya sebelumnya (Kurma, Buah Populer Umat Islam), Anda akan menapati betapa prospek kurma di Indonesia sangat besar dan menggiurkan.

kurma makassar

Saya bahas sedikit perbadingannya yah. Kelapa Sawit dalam 1 Ha, kira-kira mampu ditanami sebanyak 124 pohon (ini udah pohon yang unggul loh). Dan baru dapat di panen pada usia 7 tahun, dengan produksi berat rata-rata 30 Kg/tandan, kalau dijual maka akan dapat harga Rp 1.100/Kg. Maka dalam satu kali panen dapatnya 4 juta lebih. Jika dalam 1 bulan dapat dilakukan 3 kali panen, jika diasumsikan dalam 12 bulan, maka hasil yang akan didapatkan adalah 147 jt lebih. Wah? dapat pendapatan segitu besar siapa coba yang ngak mau? (data ini saya dapat dari si Pengusaha Sawit yah, ini juga dari Agent Marketing kami)

Lalu kurma gimana dong?
Apa lebih baik atau sebaliknya?

Perhitungan Keuntungan Kurma dan Sawit

Saya akan coba hitung juga yah. Kurma adalah tumbuhan yang memiliki kedekatan dengan Kelapa Sawit, ber-Famili Palmae. Berasal dari kelurga palem-paleman Kurma dan Kelapa Sawit setidaknya memiliki beberapa kesamaan. Jika Kurma dikenal dengan tanaman gurun asal Timur Tengah, maka Kelapa Sawit telah lebih dulu masuk dan dikembangkan di Indonesia dengan adaptasi yang baik pada daerah beriklim tropis. Tapi bagaimana dengan Kurma? Apakah bisa? Dan memiliki produksi yang juga besar?

Kurma dalam 1 Ha, dapat ditanama 100 pohon lebih. Dan masa panan pertama pada usia 3-4 tahun (lebih awal dari Kelapa Sawit). Produksi Kurma dapat mencapai 10-30 Kg/tandan dan dalam satu pohon kurma memiliki 8-15 tandan. Misalnya, jika dalam satu pohon menghasilkan 50 Kg (minimal), dengan harga jual 200rb/Kg maka dalam 1 pohon menghasilkan 10 jt. Jika dalam 1 Ha ada 100 pohon, maka dalam setahun pengahasilannya mencapai 1M. 1 MILLIAR. Wooowww?. Ini mah 10 kali lebih besar dari Kelapa Sawit, itupun masih saya hitung dengan produksi terendah. Coba jika 100Kg/pohon, atau 200Kg, atau bahkan 300Kg. Wahhh.. akan lebih banyak lagi hasilnya. Masyaa Allah.

Jadi sekarang pilihnya apa?
Kalau saya sih pasti pilih Kurma. KAMU?

Ayo Ke Wisataku.

Silakan daftarkan diri Anda dalam Event Grand Customer Gathering yang akan dilaksanakan pada:
Hari/Tanggal: Ahad, 30 September 2018
Pukul: 08.00-13.00
Lokasi: Lokasi Proyek Wisata Kebun Kurban, Desa Tompobulu-Pucak, Kec. Tompobulu, Kab. Maros, Sulawesi Selatan

Yuk Daftar Sekarang!!!
[Klik Link Berikut]

www.arrayyan.co.id/form-wisataku