Dongeng Anak

Mengenal Malaikat ALLAH

Mempercayai dengan yakin keberadaan malaikat yang hidup di alam ghaib, bukan di alam manusia yang nyata dan bukan pula di alam Jin. Para malaikat adalah makhluk yang sangat mulia dan bertakwa. Mereka menyembah Allah  dengan sungguh-sungguh dan selalu mematuhi perintah Allah, tanpa pernah melawan dan membantah.

Allah  berfirman, “Sebenarnya (malaikat-malaikat itu), adalah hamba-hamba yang dimuliakan. Mereka itu tidak mendahului-Nya dengan perkataan dan mereka mengerjakan perintah-perintah Nya.” (Al-Anbiyaa`: 26-27)

Beriman kepada malaikat merupakan salah satu dari enam rukun iman. Allah  berfirman, “Rasul telah beriman kepada Al-Qur`an yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan Rasul-rasul-Nya.” (Al-Baqarah: 285)

Rasulullah  menerangkan makna iman, “Yaitu beriman kepada Allah, para malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, Rasul-rasul-Nya, Hari Akhir dan beriman kepada ketentuan Allah; yang baik maupun yang buruk.” (HR. Muslim, no. 8)

Nabi  menceritakan tentang langit beserta isinya. Maka tidak ada satu bagian pun kecuali terdapat malaikat yang berdiri, ruku ataupun sujud.

Beriman kepada Malaikat :

1. Mengimani keberadaan malaikat. Kita beriman bahwa malaikat adalah makhluk Allah . Mereka benar-benar nyata, diciptakan dari cahaya, serta ditugaskan untuk menyembah dan taat kepada-Nya.
2. Mengimani nama-nama malaikat, beserta tugas – tugasnya sebagaimana diajarkan oleh Allah dan Rasul-Nya. Kita juga harus beriman kepada seluruh nama malaikat yang kita tidak ketahui.

Ada 10 nama Malaikat yang wajib kita ketahui :
* Malaikat Jibril yang menyampaikan wahyu Allah kepada nabi dan rasul.
*Malaikat Mikail yang bertugas memberi rizki / rejeki pada manusia.
*Malaikat Israfil yang memiliki tanggung jawab meniup terompet sangkakala di waktu hari kiamat.
*Malaikat Izrail yang bertanggungjawabmencabut nyawa.
*Malikat Munkar yang bertugas menanyakan dan melakukan pemeriksaan pada amal perbuatan manusia di alam kubur.
*Malaikat Nakir yang bertugas menanyakan dan melakukan pemeriksaan pada amal perbuatan manusia di alam kubur bersama Malaikat Munkar.
*Malaikat Raqib / Rokib yang memiliki tanggung jawab untuk mencatat segala amal baik manusia ketika hidup.
*Malaikat Atid / Atit yang memiliki tanggungjawab untuk mencatat segala perbuatan buruk / jahat manusia ketika hidup.
*Malaikat Malik yang memiliki tugas untuk menjaga pintu neraka.
*Malaikat Ridwan yang berwenang untuk menjaga pintu sorga / surga

3.Mengimani sifat-sifat malaikat sebagaimana diajarkan oleh Islam, antara lain :

*Mereka hidup di alam ghaib. Mereka diciptakan untuk menyembah Allah . Mereka tidak memiliki sifat ketuhanan sama sekali. Mereka adalah hamba Allah yang diciptakan hanya untuk menyembah dan taat kepada-Nya. Allah berfirman, “Dan mereka (para malaikat) tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” (At-Tahrim: 6)

*Mereka diciptakan dari cahaya, sebagaimana sabda Rasulullah : “Malaikat diciptakan dari cahaya.” (HR. Muslim, no. 2996)

*Malaikat mempunyai sayap-sayap. Allah  telah memberitahukan bahwa malaikat-malaikat itu mempunyai sayap yang jumlahnya berbeda-beda. Allah berfirman, “Segala puji bagi Allah, Pencipta langit dan bumi,  yang menjadikan malaikat sebagai utusan-utusan (untuk mengurus berbagai macam urusan) yang mempunyai sayap, masing-masing (ada yang) dua, tiga dan empat. Allah menambahkan pada ciptaan-Nya apa yang dikehendaki-Nya. Sesungguhnya Allah Mahakuasa atas segala sesuatu.” (Fathir: 1)

Kutamaan Beriman kepada Malaikat :
1.Mengenal keagungan, kekuatan, dan kesempurnaan Allah. Karena sesungguhnya keindahan dan keelokan makhluk merupakan tanda keagungan Sang Pencipta. Seorang mukmin akan bertambah kuat dalam memuliakan dan mengagungkan Allah, karena Dia telah menciptakan malaikat dari cahaya dengan sayap-sayapnya.

2.Konsistensi ketaatan kepada Allah. Barangsiapa yang beriman kepada seluruh malaikat pencatat amal, maka dia akan takut kepada Allah. Akhirnya, dia tidak akan bermaksiat kepada Allah, baik secara terang-terangan ataupun sembunyi-sembunyi.

3.Bersabar dalam menjalankan ketaatan kepada Allah dan merasakan ketenteraman dan ketenangan. Hal ini dikarenakan seorang mukmin yakin bahwa bersamanya ada ribuan malaikat yang yang selalu taat dan beribadah kepada Allah dengan tingkat ibadah yang sangat tinggi.

4.Bersyukur kepada Allah atas pertolongan-Nya kepada anak cucu Adam, karena malaikat telah menjaga dan mengawasinya.

source : immuslimguide.com

#30DEM
#30dayemakmendongeng
#day12