Blog

5 Olahan Durian Cake dan Dessert yang Jadi Primadona

Durian adalah buah yang sangat populer di wilayah Asia Tenggara, terutama di Indonesia yang dikenal sebagai salah satu surga buah durian. Ada beberapa lokasi dimana buah durian tumbuh subur disana bahkan dijadikan sebagai wisata agrowisata.

Daerah ini antara lain di Kabupaten Trenggalek, Banten, Bogor, menyusul Pucak di Kabupaten Maros. Khusus di Pucak Maros, proyek yang bernama Wisata Kebun Kurban, selain menanam buah durian, juga menanam kurma.

Pembudidayaan durian semakin ramai karena buah ini selain bisa langsung dimakan, bisa juga diolah menjadi durian cake yang enak bahkan bisnis durian cake sedang menjamur di berbagai daerah.

Olahan Durian Cake dan Dessert

Olahan Durian - Cake dan Desert

Kreativitas dalam mengolah durian memang tidak ada habisnya. Tekstur buah yang lembut menjadikannya bisa diaplikasikan ke berbagai resep makanan dan minuman.

Hidangan durian cake dan dessert apa sajakah yang menjadi primadona saat ini, berikut beberapa diantaranya:

  1. Pancake Durian. Pancake sebenarnya adalah makanan orang Eropa tradisional yang sering disajikan saat sarapan. Namun, perkembangannya, pancake sudah mulai diadopsi oleh keluarga-keluarga modern di berbagai belahan dunia. Di Indonesia, penyajian pancake berbeda dengan menambahkan durian di dalamnya jadilah pancake durian. Pancake durian pertama kali dijual di Medan dan menyebar ke hampir seluruh kota-kota besar lainnya. Bentuk durian cake ini kecil dan imut, tetapi saat memasukkannya di mulut vla duriannya akan pecah memenuhi mulut. Tidak heran bila kue ini menjadi favorit banyak kalangan.
  2. Sup Durian. Pada saat cuaca panas, paling enak minum yang dingin-dingin. Jangan hanya terpaku dengan es atau jus yang umum-umum saja. Cobalah dessert yang satu ini, sup durian. Jangan terkecoh dengan namanya, disebut “sup” karena durian ini disajikan dengan kuah yang segar dan manis campuran susu dan gula pasir. Sup durian ini dihidangkan dingin paling enak, dibuat dengan daging durian segar. Sup durian bisa juga ditambahkan dengan berbagai toping misalnya buah lengkeng, keju, dan lain sebagainya.
  3. Kolak durian. Jika Anda bosan dengan menu kolak pisang, cobalah mengolah durian menjadi kolak. Cara membuatnya sangat mudah, terbuat dari tepung beras, santan, gula merah, gula pasir, daun pandan dan tentunya daging buah durian. Cemilan kenyal dan legit ini menjadi salah satu prospek yang menguntungkan secara ekonomi karena bahannya mudah didapat, cara pembuatannya mudah dan peminatnya banyak dari semua kalangan.
  4. Es teler durian. Aneka hidangan es memang nikmat diminum di siang hari yang panas terik atau saat bulan Ramadhan. Sensasi berbuka puasa dengan minuman dingin selalu dinantikan, apalagi dengan dessert yang satu ini, es teler. Minuman khas kota Makassar ini kini memiliki varian rasa baru yang digemari yakni es teler durian. Jika Anda berada di Kota Makassar, bisa dilihat penjual es teler durian tersebar di pinggir jalan. Campuran daging durian, buah-buahan, agar-agar, susu, gula merah dan es serutnya juara dan bikin ketagihan.
  5. Kue sus vla durian. Sudah pernah mencoba kue sus denga nisi vla durian? Ini adalah kue yang wajib dicoba bagi para pecinta durian. Kenikmatannya memang ada pada vla yang ditambahkan daging durian lalu dimasukkan dalam adonan choux pastry yang renyah dan gurih. Hmm… dijamin rasanya bikin susah untuk tidak dihabiskan.