BlogInformasi

Perkebunan Kurma di Indonesia, Menumbuhkan Surga di Negeri Kita

wisatakebun.id | Siapa di antara kita yang tak kenal dengan buah kurma? Buah kurma walaupun terkenal berasal dari wilayah Timur Tengah, namun kelezatan dan manisnya menyebar ke seluruh di penjuru dunia termasuk Indonesia. Masyarakat Indonesia telah familiar mengkonsumsinya sebagai makanan yang wajib disantap khususnya saat berbuka puasa saat bulan Ramadhan, Namun di luar bulan Ramadhan pun, buah kecil yang legit manisnya ini juga selalu diburu baik untuk oleh-oleh jamaah yang pulang haji dan umroh, buah yang menunjang program kehamilan dan kesehatan, serta dikonsumsi sebagai pangan cemilan sehat sehari-hari. Adakah pohon kurma di Indonesia?
kurma indonesia

Kebun Kurma di Indonesia

Jika kita ingin melihat langsung perkebunan kurma tentunya saat ini tidak perlu lagi langsung melihatnya di wilayah Arab atau Timur Tengah. Negeri ini sebagai negara agraris saat ini ternyata juga telah memiliki beberapa perkebunan kurma di Indonesia yang serius digarap dan cukup luas. Saat ini kebun kurma terluas di Indonesia salah satunya dapat kita kunjungi di wilayah Desa Pucangsari, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan.
Wisata kebun kurma yang berada baru saja diresmikan tahun 2017 ini memiliki luas sekitar 3,7 hektare. Salah satu perkebunan kurma di Indonesia tersebut dikelilingi oleh pagar beton setinggi 3 meter yang menjulang sebagai batas. Uniknya jika kita berkunjung ke area kebun tersebut, maka pengunjung dapat melihat ratusan pohon kurma berbagai ukuran yang tumbuh menawan. Selain itu pengunjung juga dimanjakan oleh beberapa stan makanan serta pondok-pondok yang terbuat dari kayu atau kontainer. Bagi orangtua tidak perlu khawatir anak-anaknya akan merasa bosan, karena mereka akan sangat terhibur dengan adanya arena permainan dan satu pesawat Boeing 737 yang berada di lokasi wisata.

Wisata Agroedukasi

Adanya wisata agroedukasi perkebunan kurma di Indonesia semacam ini tentunya menjadi suatu kelebihan unik yang dicari oleh keluarga “zaman now”. Pemilik wisata kebun kurma di Pasuruan ini, H.M Roeslan, melihat peluang bahwa masih sangat jarang yang serius menggarap kurma sebagai komoditas agrowisata.
Fasilitas wisata kebun kurma ini pun akan semakin dilengkapi. Pemiliknya berencana membangun miniatur Kakbah di tengah kebun yang dilengkapi oleh miniatur untuk simulasi manasik haji dan umrah, termasuk jalan dari Shafa ke Marwah. Selain itu sang pemilik juga menyediakan semua kebutuhan makanan dari Timur Tengah atau Arab. Wah keren dan lengkap banget ya!
Maraknya muncul perkebunan kurma di Indonesia tentunya menjadi angin segar di dunia wisata. Wisatawan tidak lagi hanya disuguhi oleh pemandangan pegunungan atau bermain di tepi pantai, namun juga dapat merasakan serunya mengenal bermacam-macam kurma dan menyantap hidangan ala Timur Tengah tanpa perlu jauh pergi ke luar negeri.

Pertumbuhan perkebunan Kurma di Indonesia

Tumbuhnya banyak perkebunan kurma di Indonesia termasuk di wilayah Indonesia Timur di masa depan layaknya menumbuhkan surga di bumi kita. Penyebutan buah kurma dalam Al-Qur’an terdapat di Surat Al-An’aam: 141, Ibrahim : 24, Al-Kahfi: 32, Asy-Syu`ara: 148, Thaha: 71, Qamar : 20, Abasa: 27-29, Ar-Rahman : 11 & 68, an-Nahl: 11 & 67, al Haqqah : 7, Al-Baqarah: 266, ar-Ra`d: 4, , al-Isra`: 91, al-Mu`minun : 19, Maryam: 23 & 25, dan Yasin: 34.
Sementara keutamaan kurma juga disebutkan di banyak hadits. Antara lain Rasulullah SAW bersabda, “Kurma itu menghilangkan penyakit dan tidak membawa penyakit. Ia berasal dari surga. Dan di dalamnya terkandung obat.”
Apakah Anda siap menjadi salah satu yang mencoba manisnya perkebunan kurma di Indonesia? Jika jawabannya ya, maka tim Ar-Rayan Property siap membantu Anda mewujudkannya.