Blog

Analisa Usaha Ternak Kambing Buat kantong cring… cring…

Apakah Anda anak muda milenial yang ingin memulai usaha tapi bingung mulai dari mana? Atau apakah Anda beberapa tahun lagi akan memasuki masa pensiun namun masih bingung usaha apakah yang masih potensial untuk membuat pundi-pundi kita makin criing.. criing.. dan menjadi bekal hari tua?

Jika Ya jawabannya, maka usaha ternak kambing adalah salah satu jawabannya! Sebelum memulai usaha ini yang tentunya sering kali menjadi pertanyaan adalah berapakah modal yang dibutuhkan dan seberapa besar keuntungan analisa usaha ternak kambing ini?

Propek Analisa Usaha Ternak Kambing

Usaha peternakan kambing merupakan salah satu usaha dengan prospek yang sangat bagus karena mayoritas penduduk Indonesia adalah muslim yang setiap tahunnya merayakan Idul Adha dengan melakukan pemotongan binatang ternak berupa sapi dan kambing. Selain untuk keperluan aqiqah dan kurban hari raya Idul Adha, masyarakat Indonesia memiliki kemampuan mengolah kambing ini menjadi olahan lezat yang dapat dikonsumsi sehari-hari dan memiliki pangsa pasar yang cukup tinggi, misalnya olahan sate, kare, gulai, atau tongseng.

Modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini tidak sebesar jika kita mau beternak sapi. Bisnis beternak kambing akan cepat membuat pundi-pundi kita makiin criing.. criing… Jika kita mau menilai analisa usaha ternak kambing maka kita bisa melihat contoh berikut ini. Dalam periode 2 tahun, seekor indukan kambing betina lokal biasa dengan harga satu sampai tiga juta.dapat beranak dua sampai tiga kali. Sekali beranak kambing betina dapat melahirkan dua sampai lima ekor anak. Satu anak kambing yang kita rawat sampai dewasa dengan pertumbuhan bobot yang baik dapat dijual dengan harga berkisar dua sampai empat juta per ekornya.

Produk lain yang dapat kita berdayakan dari kambing yaitu susu kambing yang cocok untuk dikonsumsi anak dan orang-orang yang memilik alergi susu sapi. Setiap kambing rata-rata dapat menghasilkan 20 liter susu kambing. Selain susu yang menyehatkan, kotoran kambing juga dapat kita manfaatkan untuk membuat pupuk kandang yang dapat dijual terutama kepada para petani. Kandungan dan unsur haranya yang cukup tinggi membuatnya juga cukup diburu banyak penghobi tanaman.

Analisa Usaha Ternak Kambing di Perkotaan

Dengan modal lahan sempit di desa maupun di kota sekalipun, maka seseorang sudah bisa melakukan usaha beternak kambing. Saat ini masyarakat perkotaan tidak perlu lagi pusing untuk berinvestasi ternak. Beberapa developer syariah telah memiliki project kavling produktif yang ditanami oleh pohon kurma atau buah-buah lainnya. Menariknya  selain mendapatkan tanah dan tanaman produktif, investor juga bisa mendapatkan kambing yang akan dirawat dan dikelola profesional dengan sistem bagi hasil yang menarik. Anda tidak perlu repot-repot lagi menyiapkan tanah, kandang, dan mengurus pakannya karena semuanya akan diurus oleh tim yang lebih ahli. Investasi yang menguntungkan bukan?

Beternak kambing sudah sangat sesuai sebagai salah satu pekerjaan dan investasi masa depan. Dari Abu Said berkata  Rasulullah SAW bersabda :

Akan tiba masanya ketika harta muslim yang terbaik adalah domba yang digembala di puncak gunung dan tempat jatuhnya hujan. Dengan membawa agamanya dia lari dari beberapa fitnah (kemungkaran atau peperangan sesama muslim)“. (H.R. Bukhari)

Jadi apakah Anda sudah siap untuk mencicipi gurihnya usaha beternak kambing dan membuat pundi-pundi Anda makin criing..criing?