Dongeng Anak

Kisah Urine dan Kotoran Kambing yang Bermanfaat

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَا بَعَثَ اللَّهُ نَبِيًّا إِلاَّ رَعَى الْغَنَمَ » . فَقَالَ أَصْحَابُهُ وَأَنْتَ فَقَالَ « نَعَمْ كُنْتُ أَرْعَاهَا عَلَى قَرَارِيطَ لأَهْلِ مَكَّةَ »

Tidak ada Nabi kecuali pernah menjadi penggembala kambing.” Mereka para sahabat bertanya, “Apakah engkau juga wahai Rasulullah?” Beliau berkata, “Iya, saya telah menggembala dengan imbalan beberapa qirath (mata uang dinar, pen.) dari penduduk Mekah.” (HR. Bukhari, no. 2262)

Menggembala kambing merupakan profesi yang dilakukan oleh Para Nabi. Sangat menarik mengenai cerita tentang kambing ini. Tidak hanya Adik-adik akan menyukai daging olahan kambingnya, tapi cara pengaturan peternakan kambing pun, sangat sarat akan hikmah. Dimana, setiap orang yang ingin beternak kambing akan diajarkan untuk menjadi sabar dan rendah hati, karena sifat antara kambing yang satu dan yang lain akan berbeda-beda.

Apakah cukup sampai disitu manfaat Kambing?

Ternyata tidak cukup hanya sampai cara beternak dan olahan daging atau susu kambing. Tapi kotoran dan urine Kambing pun sangat bermanfaat untuk diolah sebagai Pupuk organik dan bahkan urine nya bisa sebagai pakan ayam.

Semua kambing memakan dedauanan karena kambing ini sebagai hewan herbivora jadi kambing hanya makan tumbuhan saja, Dari makanan inilah kotoran kambing menjadi banyak manfaat terutama pada tanaman yang di gunakan sebagai pupuk kompos tapi bukan itu saja manfaat dari kotoran kambing masih banyak lainnya. kotoran kambing dapat diolah menjadi berbagai macam kegunaan, salah satunya adalah pupuk organik. pupuk organik adalah pupuk yang diolah tanpa menggunakan bahan-bahan kimia.

Mari kita simak manfaat dari kotoran Kambing ini

1. Meningkatkan kandungan unsur hara yang dibutuhkan tanaman

2. Meningkatkan produktivitas tanaman

3. Merangsang pertumbuhan akar, batang, dan daun

4. Menggemburkan dan menyuburkan tanah

5. Penyediaan hara makro (nitrogen, fosfor, kalium, kalsium, magnesium, dan sulfur) dan mikro seperti zink, tembaga, kobalt, barium, mangan, dan besi, meskipun jumlahnya relatif sedikit

6. Meningkatkan kapasitas tukar kation (KTK) tanah

7. Membentuk senyawa kompleks dengan ion logam yang meracuni tanaman seperti aluminium, besi, dan mangan

8. Kotoran kambing bisa digunakan sebagai pakan ayam, ciri utama dari ayam yang memakan kotoran kambing adalah akan menghasilkan ayam yang gemuk dan daging ayam menjadi sangat bagus.

1 ekor kambing kotorannya dapat digunakan untuk memberi makan 5 ekor ayam. Sehingga disini, kotoran kambing akan menjadi suplemen bagi ayam

Baca Juga : Meraup Milyaran dari Ternak Kambing

 

Bagaimana dengan urine Kambing?

Adik-adik Urine Kambing dapat di daur ulang menjadi pupuk organic cair (POC). pupuk organik  cair kotoran kambing bisa memacu dan meningkatkan populasi mikroba dalam tanah, jauh lebih besar daripada hanya memberikan pupuk kimia. Ia juga mampu membenahi struktur dan kesuburan tanah. Tidak heran jka pupuk organik cair kotoran kambing mampu mencegah terjadinya erosi tanah. Sebab nitrogen dan usur hara yang dilepaskan oleh bahan organik pelan-pelan akan mengalami proses mineralisasi. Jika diberikan secara berkesinambungan, dapat membantu membangun kesuburan tanah

Luar biasa ya Adik-adik manfaat dari kotoran kambing ini. Maka benarlah adanya , sangat baik jika kita selalu mencontoh keseharian Rasulullah SAW, bahkan dalam hal memilih hewan ternak yang sangat bermanafaat.

 

Baca juga : Kisah Penggembala Kambing

#30DEM

#30dayemakmendongeng

#day22

#kambing

#kisahkambing

#beternakkambing

#peternakankambingmakassar

#arrayyanagency

#pejuangpropertisyariah